Kenali 3 Jenis Semir Ban Mobil

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 3 Jenis Semir Ban Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen yang bisa menambah penampilan mobil terlihat sempurna yaitu ban yang mengkilap. Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan pada bagian ini, seperti memoles ban dengan semir ban.

Namun bagi Anda yang ingin tampilan ban terlihat mengkilap dengan semir, ada baiknya untuk tahu beberapa jenis bahan semir ban yang beredar di pasaran. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Semir Ban Cair
Penggunaan semir ban cair memerlukan bantuan kuas atau spons untuk meratakannya di ban sehingga tampak mengkilap. Kandungan dari semir ban cair ini kebanyakan yaitu silikon dan jauh lebih mengkilap ketika diaplikasikan ke ban mobil.

Hanya saja efek dari bahan silikon maka semir ban ini terasa lengket dan berminyak. Sayangnya, tipe seperti ini lebih fokus di daya kilap dibandingkan kemampuannya membersihkan karet ban mobil.

Semir Ban Spray
Semir ban yang berbentuk spray ini lebih praktis dibandingkan dengan yang berbentuk cair. tipe ini lebih bersifat membersihkan, selain itu juga bisa mengkilapkan karena bahannya masih tetap silikon.

Meskipun sama-sama terbuat dari silikon, namun ada yang berbeda dari beberapa produk yang dipasarkan. Ada yang water-based yang pengenceran silikon tersebut menggunakan bahan berupa air dan ada juga yang solvent-based yang menggunakan pelarut organik untuk mengencerkan serta mencampurkan bahan-bahannya.

Semir ban dengan bahan silikon yang water-based lebih aman bagi ban dibandingkan yang solvent-based. Air tidak akan merusak karakter ban dan menjadikannya getas seperti yang dilakukan oleh pelarut organik.

Semir Ban dari Wax
Semir ban mobil dengan bahan wax lebih maksimal merawat ban mobil dibandingkan silikon. Bahan wax ini mampu menjaga elastisitas karet ban mobil meskipun secara kilapnya tidak lebih mengkilap dibandingkan yang menggunakan bahan silikon.

Penggunaan semir mobil bahan wax ini juga terbilang mudah. Biasanya, semir ban seperti ini hadir satu paket dengan sponsnya. Caranya adalah menuang semir ban mobil ke spons lalu menggosokkan ke ban mobil hingga merata dan bersih.

Selain memberikan perawatan, semir ban mobil ini juga membersihkan ban mobil. Jika salah pilih, malah bisa menjadi masalah untuk ban mobil. Seperti ban menjadi mudah rusak karena tidak lagi elastis.
Parahnya ban mobil pun bisa menjadi retak-retak. Jadi, pertimbangkan dahulu sebelum membeli semir ban yang sesuai untuk ban mobil Anda. (metrotvnews.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.