oleh

Pilkada Bangkalan, Elektabilitas Abd Latif Amin Imron Capai 14,1 persen

PortalMadura.Com, Bangkalan– Menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2018, Balitbang Lingkar Jatim yang bekerjasama dengan Tim Peneliti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, mengeluarkan hasil survei bakal calon Bupati Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Survei yang dilakukan selama bulan September-Oktober itu, elektabilitas Abd Latif Amin Imron mencapai 14,1 persen dengan popularitas 26,9 persen. Persentasi keterpilihan Wakil Ketua DPRD itu, lebih tinggi dibanding beberapa calon lain yang selama ini telah menyatakan diri maju pada Pilkada Bangkalan.

Hasiil survei itu, juga menempatkan Imam Bukhori diperingkat kedua dalam keterpilihannya menjadi bupati. Politisi senior yang pernah menjadi anggota DPR RI itu memiliki elektabilitas beda tipis dibawah Ra Latif, yakni mencapai 12,4 persen dengan popularitas mencapai 28,5 persen.

Survei yang diambil 800 responden, menggunakan Teknik Multistage Random Sampling dengan margin error sebesar 3,4 tersebut, menempatkan Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangkalan, Hasani Zubair ada diperingkat ketiga. Kia muda yang telah mendaftar di Partai Hanura dan PDI Perjuangan itu memiliki elektabilitas 6,4 persen dengan popularitas mencapai 14,1 persen.

Direktur Litbang Lingkar Jatim, M Shodiq Ramadhani mengungkapkan, capain survei yang dikeluarkan lembaganya merupakan penelitian selama dua bulan, yang dilakukan sejak bulan September sampai Oktober. Menurutnya, hasil tersebut masih bisa berubah jika tim sukses masing-masing calon terus melakukan upaya sosialisasi untuk mendongkrak figurnya.

“Masih bisa berubah hasil ini, mengingat Pillkada masih lama dan ada sekitar 45 persen responden belum menentukan pilihan saat disurvei” terang dia, , Minggu (29/10/2017).

Berikut adalah elektabilitas beserta urutan beberapa figur calon bupati hasil survei Balitbang Lingkar Jatim.Com, Abd Latif 14,1% dengan popularitas mencapai 26,9%, Imam Bukhori 12,4% dengan popularitas mencapai 28,5%, Hasani Zubair 6,4% dengan popularitas 14,1%, Mondir Rafii 4,9% dengan popularitas 13,6%, Mathur Khusairi 4,5% dengan popularitas 3,5%, Nasih Abdullah 2,4% dengan popularitas 4,3%, lainnya 7,6%.(Hamid/Har)


Komentar