Pinjaman Modal untuk Petani Tebu Capai Rp20 Juta

Avatar of PortalMadura.Com
Pinjaman Modal untuk Petani Tebu Capai Rp20 Juta
dok. Panen Tebu

PortalMadura.Com, di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan mendapat pinjaman modal dari PTPN XI sebesar Rp20 juta. Pinjaman tersebut untuk garap lahan, pemupukan dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Pamekasan, Ajib Abdullah mengungkapkan, pihaknya tidak mengetahui pasti proses peminjaman modal tersebut. Mengingat, prosedur peminjaman antara petani dengan PTPN XI selalu pemilik modal.

“Tidak ada koordinasi dengan dinas, tapi langsung kepada PTPN XI. Besaran dananya relatif, artinya tidak sama antara petani satu dengan yang lain. Tapi yang jelas, untuk biaya perawatan, tebang angkut diberi pinjaman,” ungkapnya, Senin (5/10/2015).

Ajib menambahkan, dalam memberikan pinjaman modal, PTPN XI terlebih dahulu akan meninjau langsung lahan tebu yang dimiliki petani dimaksud. Misalnya, luas lahan dan lain sebagainya.

“Dan keluarnya uang itu tidak keluar langsung tapi bertahap melalui kelompok. Nominal pinjaman antara 18 juta sampai 20 juta perkelompok dan modal itu tidak turun satu kali, melainkan bertahap. Misalnya, waktu pemupukan diberi biaya pupuk, waktu pengolahan diberi biayanya. Kalau diberi langsung sebesar Rp 20 juta, ya langsung dibelikan sepeda motor,” katanya panjang lebar. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.