Pok-kopok, Makhluk Yang Dipercaya Sebagai Alat Pesugihan

Avatar of PortalMadura.Com
Pok-kopok, Makhluk Yang Dipercaya Sebagai Alat Pesugihan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Apabila Anda mendengar suara “pok, pok, pok” pada dini hari? Hati-hati, bisa jadi itu adalah pertanda harta yang Anda miliki akan berkurang. Begitulah, orang meyakini keberadaan makhluk jadi-jadian bernama Pok-kopok.

Pok-kopok adalah makhluk pesugihan yang hadir di rumah-rumah untuk menguras harta pemiliknya. Harta, tentu saja bukan hanya dalam bentuk uang, melainkan juga makanan pokok semisal jagung dan padi. Pok-kopok membawa apa saja untuk dipersembahkan kepada tuannya.

Di kalangan masyarakat Madura berkembang persepsi bahwa Pok-kopok umumnya berpostur kecil mirip seperti kelelawar ini, memiliki kuping yang bisa menampung dua gantang jagung atau padi, masing-masing kuping memuat satu gantang.

Selain itu juga banyak beredar cerita-cerita tentang bagaimana cara menangkap hewan tersebut. Ada yang mengatakan untuk menangkapnya dapat dilakukan dengan menggunakan sapu lidi. Si penangkap juga diharuskan telanjang ketika akan memburunya.

Kalau Anda takut untuk menangkap makhluk tersebut, ada mantra yang ampuh mengusirnya, yaitu “pok-kopok taeh”. Mantra ini terlihat agak kurang enak didengar karena dalam bahasa Indonesia berarti “pok-kopok tahi”. Namun demikian, masyarakat percaya kalimat tersebut dipandang ampuh untuk mencegah hilangnya harta dari serangan Pok-kopok. Mantra itu diulang berkali-kali hingga bunyi ? Pok, pok, pok? hilang dari pendengaran. Barulah pada saat itu Pok-kopok hilang dari rumah kita. (plat-m.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.