Pola Asuh Ideal Menurut Para Ahli

Avatar of PortalMadura.com
Pola Asuh Ideal Menurut Para Ahli
Ilustrasi (klikdokter)

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang tua menginginkan anak-anaknya bisa sukses dan masa depannya terjamin. Untuk itu, berbagai nasihat pun diutarakan pada anak agar ia bisa mengikuti alur yang benar dan tidak melenceng dari aturannya.

Tidak hanya dari orang tua, nasihat itu juga bisa datang dari orang-orang terdekat yang peduli dan juga buku-buku parenting yang bermanfaat untuk masa depan. Tapi tahukah Anda, nasihat atau saran parenting untuk membesarkan anak yang ‘sempurna’ itu juga terkadang salah.

Maksudnya, tidak semua nasihat yang ada bisa sesuai dengan kemampuan dan keinginan anak sehingga hasilnya tidak akan sama dengan yang diharapkan. Selain itu, cara pengasuhan setiap anak juga berbeda. Jadi, walaupun satu cara bisa berhasil itu belum tentu manjur pada anak lainnya.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (22/1/2020) dari laman Haibunda.com, Profesor psikologi dan ilmu saraf, Yuko Munakata menegaskan, semua orang tua itu tidak bisa memastikan sudah benar dalam mengasuh anaknya. Ada beragam keyakinan yang dipegang orang tua dalam mengasuh anak. Dan gaya pengasuhan untuk setiap anak tidak bisa disamaratakan.

“Pola asuh Anda bisa membentuk anak-anak Anda, hanya saja tidak dengan cara yang sama,” kata Munakata, seperti yang dilansir Haibunda.com, yang dikutip dari Indian Express.

Menurutnya, pesan pengasuhan dari buku parenting juga bisa saling bertentangan. Hanya ada satu pesan yang konsisten yakni kalau anak tidak berhasil, berarti orang tuanya yang melakukan kesalahan. Namun, pengetahuan bisa memiliki pesan yang sama sekali berbeda.

Munakata menjelaskan, orang tua memang berpengaruh besar dalam pengasuhan, tetapi tidak memiliki kontrol.

“Anak-anak bisa dibentuk dari banyak kekuatan yang sering berhubungan seperti orang tua yang sukses, gen yang sukses, teman sebaya yang sukses, dan budaya kesuksesan yang tumbuh di dalamnya,” kata Munakata.

Baca Juga : 5 Perilaku Anak yang Jadi Tanda Pola Asuh Orang Tua Sudah Baik

Mengenai pola asuh yang berbeda, memang belum ada resep pola asuh yang tepat. Psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo, M.Psi., mengatakan, enggak ada formula untuk membesarkan anak. Tapi, pola asuh yang ideal adalah yang sensitif dan responsif. Jadi, Anda perlu sensitif sama kebutuhan anak.

“Misalnya untuk anak 0-18 bulan, mereka lagi membentuk kepercayaan sama lingkungan. Misalnya dia nangis, langsung kita respons, berarti kan ada yang memerhatikan,” kata psikolog yang akrab disapa Anas ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.