Polda Jatim Uji Balistik Senpi Organik Polres Semenep

Avatar of PortalMadura.Com
Polda Jatim Uji Balistik Senpi Organik Polres Semenep
Uji Balistik Senpi Organik Polres Semenep

PortalMadura.Com, – Polda Jawa Timur melakukan pendataan, pengecekan, serta pembuatan database balistik senjata api () , Rabu (1/11/2023).

Hal tersebut merupakan tindak lanjut arahan Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto. Pada giat commander wish, Bidlabfor bekerjasama dengan Birolog dan Bidpropam Polda Jatim.

Bertempat di lapangan tembak Wirapratama Polres Sumenep, Jl. Urip Sumoharjo No. 35 Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep.

“Kegiatan uji balistik ini adalah program Biro Logistik Polda Jatim dalam rangka pendataan, pengecekan dan pembuatan database balistik di Polres Sumenep,” terang Kabag Logistik Polres Sumenep AKP Sugiarto.

Uji balistik atau disebut balistik forensik merupakan pemeriksaan yang melibatkan bukti senjata api yang mungkin telah digunakan. Adapun yang diperiksa dalam uji balistik itu kekuatan gerak dan dampak yang disebabkan tembakan proyektil.

Saat peluru ditembakkan dari pistol, maka pistol meninggalkan bekas mikroskopis pada peluru dan kotak peluru. Tanda ini seperti sidik jari balistik.

Dalam pelaksanaannya uji balistik kali ini khusus untuk senpi pendek, masing-masing senpi diregistrasi diberi nomor urut, setiap satu senpi revolver dan pistol diuji dengan ditembakkan sebanyak 2 kali tembakan (2 amunisi) pada tempat yang telah disediakan.

Uji balistik senpi pendek organik Polres Sumenep sebanyak 358 pucuk dijadwalkan tiga hari sejak tanggal 1-3 Nopember 2023.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.