Polisi Sumenep Minta Bawaslu Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Ketentun

Avatar of PortalMadura.Com
Polisi Sumenep Minta Bawaslu Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Ketentun
Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

PortalMadura.Com, – Polisi meminta Bawaslu Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk memastikan penyelenggaraan berjalan sesuai dengan ketentuan.

Hal itu disampaikan Kapolres Sumenep AKBP Henri Noveri Santoso pada kegiatan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Deklarasi Damai Pemilu 2024, Sabtu (10/2/2024).

Selain itu, ia menegaskan pentingnya kerjasama antara kepolisian, Bawaslu dan semua pihak untuk memastikan kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Sumenep.

“Masyarakat hendaknya aktif berpartisipasi dalam menjaga suasana kondusif selama masa kampanye dan minggu tenang serta memberikan kontribusi bagi kesuksesan Pemilu 2024,” katanya.

Setelah apel siaga, Kapolres Sumenep bersama unsur Forkopimda, Bawaslu, KPU dan pimpinan partai peserta Pemilu menandatangani Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang isinya sebagai berikut;

1. Mengawal Pemilihan Umum Tahun 2024, dari politik uang dan politisasi SARA karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

2. Tidak menggunakan politik uang dan SARA sebagai cara memengaruhi pilihan pemilih karena mencederai integritas penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

3. Mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan visi, misi dan program kerja, bukan karena politik uang dan SARA.

4. Mendukung pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan politisasi SARA.

5. Tidak akan melakukan intimidasi, ujaran kebencian, kekerasan atau aktivitas dalam bentuk apapun yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran politik uang dan SARA.

Hadir dalam momentum tersebut, di antaranya, Wakil Bupati Sumenep, Dandim 0827 Sumenep, Perwakilan DPRD Sumenep, Perwakilan Kajari Sumenep, Perwakilan Ketua PN Sumenep, Bawaslu Sumenep, Ketua KPU Sumenep dan OPD, serta Panwascam dari 27 kecamatan se-Kabupaten Sumenep.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.