Polres Sumenep Tanamkan Disiplin Hukum Sejak Usia Dini

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Hartono
Polres Sumenep Tanamkan Disiplin Hukum Sejak Usia Dini
Polwan Polres Sumenep mengenalkan rambu-rambu lalu lintas pada anak usia dini (Polres Sumenep)

PortalMadura.Com, – Anak-anak pendidikan usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) menjadi sasaran pada kegiatan “polisi sahabat anak” yang digelar , Madura, Jawa Timur.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran hukum sedini mungkin,” terang Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S, Jumat (30/9/2022).

Ia menyampaikan, polisi merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

Namun, kehadirannya di tengah masyarakat sering digambarkan sebagai sosok yang galak, ditakuti, bahkan “mata duitan”.

Untuk mengubah pandangan itu, kata dia, Polri senantiasa berusaha memperbaiki citranya, salah satunya melalui pendekatan kepada anak-anak.

“Memperkenalkan polisi yang ramah dan bersahabat dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan murid-murid PAUD dan TK,” katanya.

Salah satu sasarannya, yakni PAUD Al-Quran Al-Qadar Sumenep. Program ini, kata dia, merupakan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

“Yang disampaikan antara lain, pengenalan rambu-rambu lalulintas dengan menggenakan helm. Harapannya, anak-anak juga bisa mengingatkan orang tuanya saat dibonceng motor ke sekolah untuk selalu menggenakan helm demi keselamatan,” katanya.

Program “polisi sahabat anak” juga mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan, yakni dengan menumbuhkan kepekaan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Menurutnya, hal kecil itu jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari mereka akan memberikan manfaat yang besar yakni mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menutupi saluran air.(*)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.