oleh

Potensi Tembakau Jawa Masuk Madura Masih Tinggi

PortalMadura.Com, Pamekasan – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menyebut peluang masuknya tembakau Jawa ke Madura masih sangat tinggi menjelang panen raya tembakau musim 2018.

Kabid Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Pamekasan, Mohammad Yusuf Wibiseno menegaskan, pihaknya telah menjadwalkan agenda operasi gabungan bersama TNI-Polri untuk mencegah masuknya tembakau Jawa ke Madura sesuai dengan amanah Peraturan Daerah (Perda) Nomor 04 Tahun 2015 tentang tata niaga dan perlindungan tembakau Madura.

“Kami sudah menyusun jadwal untuk melakukan pengawasan di perbatasan wilayah Pamekasan supaya tembakau non Madura tidak masuk ke Pamekasan,” ungkapnya, Kamis (9/8/2018).

Dikatakan, kekhawatiran masuknya tembakau Jawa ke Madura sangat beralasan, mengingat luasan lahan tembakau di pulau Garam tahun 2018 sangat sedikit. Sehingga dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk meraih keuntungan besar.

“Masuknya tembakau Jawa dapat merusak kualitas tembakau Madura. Kami akan mulai lakukan operasi pada pertengahan bulan Agustus 2018. Kami berharap tidak sampai ada tembakau Jawa baik daun maupun kering masuk ke Pamekasan,” pungkasnya. (Marzukiy/Desy)