PPDB 2019, Mayoritas SMA Negeri di Sumenep Tak Penuhi Pagu

Avatar of PortalMadura.com
PPDB 2019, Mayoritas SMA Negeri di Sumenep Tak Penuhi Pagu
Kepala Cabang Disdik Jatim di Sumenep, Sugiono Eksantoso

PortalMadura.Com, Sebanyak 13 atau 80 persen dari 15 lembaga pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak memenuhi pagu.

“Hanya dua sekolah negeri yang memenuhi pagu. Kedua sekolah itu SMAN I Sumenep dan SMAN I Kalianget,” jelas Kepala Cabang Disdik Jatim di Sumenep, Sugiono Eksantoso, Kamis (27/6/2019).

Pendaftaran PPDB jalur reguler atau zonasi di Kabupaten Sumenep dimulai tanggal 17-20 Juni dan tanggal 21 Juni merupakan pengumuman. Di Sumenep terdapat 12 SMAN, 3 SMKN dan 151 SMA Swasta. Seratus lebih lembaga pendidikan tingkat menengah atas itu tersebar di wilayah daratan dan kepulauan.

Baca Juga: Taklukkan Persebaya, Rebut Tiket ke Semifinal Piala Indonesia

“Justeru di lembaga SMA swasta yang mayoritas memenuhi pagu. Kami tidak tahu apa yang terjadi di sekolah negeri ini,” ucapnya.

Ia menduga, ada yang salah dalam pola PPDB yang dilakukan masing-masing sekolah sehingga berdampak pada jumlah siswa yang mendaftar. Padahal, sebelum dibuka pendaftaran pihaknya telah mewanti-wanti agar PPDB ini dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku.

“Sejak awal kami sudah mewanti-wanti agar sekolah melaksanakan PPDB ini dengan tidak membentur aturan yang ada,” tegasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, pihak sekolah yang pagu siswanya belum terpenuhi diperbolehkan membuka pendaftaran lagi hingga maksimal tanggal 15 Juli 2019. Sebab, pada tanggal itu proses KBM pada ajaran baru sudah mulai dilaksanakan.

“Silahkan sekolah lakukan pendaftaran lagi hingga pagu terpenuhi. Tapi jangan sampai melewati tanggal 15 Juli, karena siswa baru sudah mulai masuk sekolah,” imbuh Sugiono.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.