Presentasi Penelitian Tingkat Dunia, UNIBA Madura Kirim Dua Mahasiswa ke Inggris

Avatar of PortalMadura.com
Presentasi Penelitian Tingkat Dunia, UNIBA Madura Kirim Dua Mahasiswa ke Inggris
UNIBA Madura Kirim Dua Mahasiswa ke Inggris (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengirim dua mahasiswanya ke Inggris. Dua mahasiswa itu untuk melakukan presentasi penelitian tingkat Internasional.

Dua mahasiswa itu yakni Adji Nurwahyudin dari program studi Manajemen dan Shantyumi Sasmita dari program studi Akuntansi. Keduanya akan mempresentasikan hasil riset tingkat dunia dalam forum Asian Leadhership Forum di University of Nottingham, UK, pada tanggal 8 November 2019.

University of Nottingham, UK sendiri merupakan perguruan tinggi swasta berbasis riset yang berada di East Midlands in England. Keberangkatan kedua mahasiswa itu merupakan wujud dari komitmen Achsanul Qosasi, selaku Ketua Yayasan untuk memajukan Madura melalui pendidikan.

Kedua mahasiswa itu akan didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Agung Purnomo. Adji dan Shantyumi akan memaparkan hasil penelitian mereka terkait pemetaan, status dan tren penelitian dunia menggunakan metode scientometric atau bibliometric.

Dalam penelitiannya, Adji mengaku fokus pada bidang Organizational Culture atau Budaya berorganisasi dengan judul “Organizational Culture Research Positioning: a Scientometric Overview”. Adji melakukan data mining dari database Scopus dengan menggunakan 3.394 dokumen dari data penelitian dari tahun 1969 hingga Oktober 2019 dari seluruh dunia.

Baca Juga: Kring Sore, Polsek Blega Bekuk Wanita asal Surabaya

Sementara Shantyumi memilih topik Student Enterpreneur atau Wirausaha Pelajar, dengan judul presentasi “Student Enterpreneur: a 41-Year Publication Mapping of Bibliometric”. Pada penelitiannya, Shantyumi juga menggunakan data penelitian dari seluruh dunia dengan memakai 132 dokumen data penelitian dari tahun 1979 hingga Oktober 2019. Dalam proses penelitiannya itu, mereka dibimbing oleh Dosen UNIBA yakni Agung Purnomo, Alvin Arifin dan Ach. Zuhri.

“Kami optimis, saat di Inggris nanti kami bisa menyajikan presentasi yang terbaik. Untuk menuju itu kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya baik penguasaan materi maupun kefasihan dalam berbahasa Inggris,” kata Shantyumi, Senin (4/11/2019).

Adji mengaku tidak menyangka dan tidak pernah terbayangkan akan berangkat ke Inggris. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga besar kampus UNIBA yang telah mendukung penelitiannya hingga layak dipresentasikan di forum dunia itu.

“Kami mohon doanya agar nanti kami diberi kelancaran dalam presentasi sehingga bisa membawa harum nama Madura dan Indonesia di tingkat Internasional,” harap Adji.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik UNIBA, Agung Purnomo menjelaskan, selama di Inggris kedua mahasiswa itu juga akan melakukan kunjungan akademik dan persahabatan ke beberapa perguruan tinggi dan pusat budaya pada tanggal 9 hingga 11 November.

“Nanti kami juga didampingi oleh Persatuan Pelajar Indonesia UK (PPI UK). Ini kami lakukan untuk memperluas jaringan akademik UNIBA Madura dengan perguruan tinggi, menggali ilmu pengetahuan dan teknologi, alam dan budaya di UK,” tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.