oleh

Presiden AS Teken Stimulus Covid-19, Hindari Penutupan Kantor Pemerintah

PortalMadura.Com – Presiden AS, Donald Trump menandatangani paket stimulus Covid-19 dan belanja seluruh kantor pemerintah federal untuk mencegah penutupan pemerintah pada Minggu (27/12/2020) malam.

Paket tersebut mencakup sekitar USD900 miliar untuk bantuan pandemi serta sekitar USD1,4 triliun untuk mendanai pemerintah federal hingga September.

Bantuan pemerintah selama pandemi antara lain pembayaran USD600 per orang bagi sebagian besar orang Amerika dan perpanjangan tunjangan pengangguran bagi mereka yang kehilangan pekerjaan selama wabah.

Trump mengumumkan tindakannya dalam sebuah pernyataan di mana dia meminta anggota parlemen untuk meningkatkan bantuan langsung menjadi USD2.000 per orang. Permintaan itu disampaikan bersamaan dengan keinginan Trump untuk merevisi undang-undang kebebasan berbicara di internet.

Trump mengatakan dia akan menyarankan anggota parlemen menghapus beberapa item kebutuhan, tetapi “permintaan” itu tidak harus dipatuhi oleh Kongres.

“Saya akan menandatangani paket Omnibus dan Covid dengan pesan kuat yang menjelaskan kepada Kongres bahwa barang-barang yang boros perlu dihilangkan dari daftar,” katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan saat berada di klub golf kelas atas di Florida.

Dewan Perwakilan Rakyat akan memberikan suara pada hari Senin tentang peningkatan pembayaran langsung kepada orang Amerika. Demokrat secara luas mendukung rencana ini dan Partai Republik telah menawarkan sedikit dukungan untuk pengajuan proposal tersebut, meskipun Trump berulang kali mendesak.

Oposisi begitu kuat di antara partai sehingga keputusan DPR di Senat yang dikuasai Partai Republik akan menolak, karena belum ada dukungan tegas dari pemimpin Partai Republik.

Selain pemungutan suara tentang peningkatan belanja pada hari Senin, DPR AS juga akan memberikan suara untuk mengesampingkan veto Trump atas tagihan belanja pertahanan tahunan. Pemungutan suara secara luas diharapkan untuk menerima dua per tiga mayoritas yang dibutuhkan untuk melakukannya, dan jika Senat mengikutinya, yang kemungkinan besar, itu akan menandai pembukuan yang memalukan pada satu-satunya masa jabatan Trump.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono

Komentar