Presiden Jokowi ke Sumenep, Pemerintah Target Perluasan Bandara Trunojoyo Tuntas 2019

Avatar of PortalMadura.Com
Presiden Jokowi ke Sumenep, Pemerintah Target Perluasan Bandara Trunojoyo Tuntas 2019
Presiden Jokowi mendapat penjelasan tentang tentang pengembangan Bandar Udara Trunojoyo Sumenep, Kabupaten Sumenep, Minggu (8/10). (Foto: BPMI)

PortalMadura.Com, – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan tentang pentingnya konektivitas antar pulau maupun di dalam pulau. “Konektivitas transportasi harus selalu dikembangkan,” kata Presiden di ruang tunggu Bandara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Minggu (8/10/2017).

Presiden Jokowi mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah memperpanjang landasan dari 1.100 meter menjadi 1.600 meter, sehingga pesawat komersial kelas ATR sudah dapat mendarat sejak pekan lalu.

Namun Presiden memerintahkan Menteri Perhubungan agar Bandara Trunojoyo Sumenep dapat digunakan oleh pesawat yang lebih besar lagi. Hal ini disampaikan Presiden mengingat Pulau Madura dengan penduduk 4 juta jiwa memiliki potensi ekonomi dan mobilitas tinggi bepergian ke berbagai destinasi.

“Harus diperpanjang lagi agar dapat digunakan pesawat yang lebih besar,” ucap Presiden.

Semnetara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, diperlukan perpanjangan landasan dari saat ini 1.600 meter dan lebar 30 meter menjadi 2.250 meter dan lebar 45 meter agar dapat digunakan oleh pesawat jet.

“Sehingga tidak hanya pesawat proppeller saja yang bisa mendarat, namun juga jet,” ucap Budi.

Untuk menampung calon penumpang maupun penumpang yang datang diperlukan pengembangan luas terminal. “Namun perluasan terminal ini tidak dapat diselesaikan sekaligus, tapi melalui pentahapan. Tahap 1 seluas 800 meter persegi, tahap 2 seluas 1.160 meter persegi dan tahap 3 seluas 2.139 meter persegi,” ucap Budi.

Perpanjangan landasan pacu dan perluasan terminal ini akan selesai pembangunannya pada tahun 2019. “Semuanya akan selesai tahun 2019,” ucap Budi sebagaimana dikutip dalam Siaran Pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Bey Machmudin. (setkab.go.id/Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.