Presiden Jokowi Minta Bandara-Bandara Kecil Dibangun

Avatar of PortalMadura.Com
Presiden Jokowi Minta Bandara-Bandara Kecil Dibangun
Ist. Presiden Resmikan Bandara Sultan Thaha (setkab.go.id)

PortalMadura.Com () didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan perluasan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Thaha, Jambi, Kamis (21/7/2016).

Bandara yang diresmikan ini merupakan perluasan bandara sebelumnya, yang kini memiliki luas terminal 35.000 m2, dan luas lahan parkir 26.500 m2 dengan kapasitas 436 mobil dan 415 motor.

Pembangunan Terminal Penumpang dan Fasilitas Parkir Bandara Sultan Thaha yang baru itu menelan biaya sesuai nilai kontrak sebesar Rp126 miliar, pembangunan apron Rp110 miliar, pembangunan tower dan gedung operasi Rp16 miliar, dan pembangunan fasilitas pokok serta penunjang lainnya Rp67 miliar.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, persaingan global merupakan sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh seluruh negara, termasuk Indonesia. Oleh karenanya, pembangunan infrastruktur di Tanah Air sebagai modal menghadapi persaingan tidak dapat ditunda-tunda lagi.
“Semuanya adalah pondasi dasar bagi memenangkan sebuah persaingan, memenangkan kompetisi antar negara,” ujarnya.

Untuk mendukung kesiapan Indonesia menghadapi persaingan tersebut, Presiden Jokowi salah satunya meminta dilakukan percepatan pengembangan Bandara Sultan Thaha, Jambi, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II.

“Persaingan-persaingan seperti itu harus secepatnya diantisipasi. Kalau tidak, ditinggal kita. Oleh sebab itu, Bandara Sultan Thaha di Jambi ini sangat diperlukan untuk diperluas,” terang Presiden.

Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjelaskan, semula Bandara Sultan Thaha akan dimulai perluasannya pada 2019.
Namun, mengingat pertumbuhan bandara ini sebesar 27 persen setiap tahunnya, maka dirinya menginstruksikan Menteri BUMN dan Direktur Angkasa Pura II untuk langsung memulainya pada 2017.

“Jangan sampai penumpang sudah meluber baru dibangun. Diajukan menjadi 2017 awal. Bangun lagi, jangan terlambat,” tegasnya.

Bandara-bandara Kecil

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga meminta agar bandara-bandara kecil di sekitar Sultan Thaha seperti Muara Bungo dan Kerinci dapat dibangun dan diselesaikan pada 2017. “Diselesaikan baik terminal maupun runway,” pintanya.

Presiden meyakini, dengan selesainya pembangunan bandara-bandara kecil tersebut akan menyebabkan akses menuju kedua wilayah Jambi akan jauh lebih mudah.

Ia menunjuk contoh misalnya ke Kerinci yang biasanya ditempuh dalam waktu 9 jam melalui jalur darat akan dapat ditempuh dengan lebih cepat bila menggunakan jalur udara.

“Pesawat berbadan besar turun di sini (Bandara Sultan Thaha). Ke Kerinci dan Muara Bungo menggunakan pesawat kecil sehingga mempercepat transportasi barang dan orang,” tutur Presiden.

Presiden juga meminta agar setiap bandara yang dibangun untuk diintegrasikan dengan moda transportasi lain, baik kereta api atau bus sehingga masyarakat memiliki pilihan alternatif yang lebih luas untuk menjangkau tempat tujuan yang diinginkan.(setkab.go.id)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.