Pria Harus Waspada pada 7 Tanda Kanker Ini 

Avatar of PortalMadura.com
Pria Harus Waspada, 7 Tanda Kanker Ini Jangan Diabaikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang pria terkadang tidak peduli pada kesehatan. Sehingga meskipun ada gejala yang biasanya menjadi peringatan adanya penyakit bisa jadi terabaikan. Seperti penyakit mematikan yang paling ditakuti dan masih belum ada obatnya, salah satunya kanker.

Gejala kanker awalnya seperti penyakit biasa atau bahkan tidak tampak. Sehingga bagi pria hal itu sering diabaikan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (20/11/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Thesun. Berikut gejala kanker yang sering diabaikan pria:

Benjolan Kantong Testis

Jika Anda melihat adanya benjolan di area testis, itu bisa menjadi tanda peringatan kanker testis. Ini merupakan jenis kanker yang menyerang pria dewasa muda. Karenanya, periksa ke dokter sedini mungkin. Tidak perlu malu, karena jika dibiarkan bisa menjadi berbahaya.

Sakit Saat Buang Air Kecil

Rasa sakit saat pipis atau kesulitan saat buang air kecil juga merupakan salah satu gejala yang tak boleh dianggap remeh. Anda harus cepat berkonsultasi atau melakukan pemeriksaan ke dokter. Apalagi jika ditambah rasa selalu ingin buang air kecil di malam hari, bisa jadi itu gejala dari kanker prostat.

Ada Darah di Kotoran atau Urine

Darah di kotoran atau feses merupakan salah satu tanda peringatan yang segera harus ditangani serius. Gejala ini akan menjadi masalah besar ketika dibarengi sembelit atau intensitas buang air yang tidak biasanya. Walau ada kemungkin gejala wasir atau ambeien, akan tetapi kemungkinan terburuknya yaitu kanker usus.

Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan di sini pastinya drastis dan dalam kurun waktu singkat. Jika Anda merasa mengalami hal serupa, alangkah baiknya cepat memeriksankan diri ke dokter.

Baca Juga: Batuputih Gempar, Video Janda Bugil Menyebar via Medsos 

Batuk

Biasanya batuk hilang dalam tiga atau empat minggu. Tetapi jika batuk tidak segera reda, bahkan terkadang mengeluarkan darah, maka harus segera memriksakan diri ke dokter. Karena, batuk tidak kunjung sembuh disertai darah bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Terutama jika Anda bukan perokok, itu perlu dikhawatirkan.

Meski batuk mengeluarkan darah termasuk gejala TBC atau tuberculosis, tetapi kemungkinan terburuknya yaitu kanker paru-paru.

Lelah Sepanjang Hari

Lelah mungkin hal yang wajar dialami oleh setiap orang, apalagi bekerja. Tetapi, lelah yang berkepanjangan yaitu suatu sinyal ada yang tidak beres pada tubuh Anda. Lelah berkepanjagan atau kelelahan ekstrem bisa menjadi tanda sindrom kelelahan kronis, tetapi kemungkinan buruknya yaitu gejala kanker. Kelelahan pada penderita kanker mungkin tidak hilang, bahkan ketika sudah beristirahat.

Bengkak pada Payudara

Kanker payudara mungkin jarang terjadi, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Bukan hanya perempuan, pria juga bisa terkena kanker payudara. Seperti halnya wanita, benjolan di sekitar dada menjadi gejala awal kanker payudara.

Kemudian, gejala biasanya diikuti dengan cairan yang keluar dari puting, luka di sekitar puting, merah, bengkak atau benjolan di ketiak. Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut, segera periksa ke dokter, singkirkan rasa malu!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.