Pria, Ini 5 Produk Perawatan yang Cocok untuk Cegah Penuaan

Avatar of PortalMadura.Com
Pria, Ini 5 Produk Perawatan yang Cocok untuk Cegah Penuaan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Munculnya tanda-tanda penuaan tidak hanya bagi kaum wanita saja, pria pun juga mengalaminya. Biasanya tanda tersebut muncul ketika seseorang berusia lebih dari 30 tahun. Tapi ada juga yang usianya masih 20-an sudah mengalaminya. Hal ini lantaran kurang menjaga kulit dari zat-zat yang bisa memicu penuaan dini.

Penuaan kulit ini tentu bisa mengurangi penampilan dan tingkat kepercayaan diri seseorang. Tidak heran, banyak orang yang merasa khawatir ketika muncul tanda penuaan ini.

Meskipun penelitian membuktikan bahwa kulit wanita mengalami penuaan lebih dulu, sebagai pria, Anda tetap harus waspada. Penuaan kulit bisa terjadi kapan saja. Apalagi jika Anda terbiasa dengan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, jarang minum air putih, kurang tidur, dan sering minum alkohol. Selain itu, terlalu sering terpapar sinar matahari setiap hari juga bisa berdampak buruk pada kulit.

Tanpa perawatan dan gaya hidup yang sehat, risiko penuaan pada kulit jadi lebih besar. Anda tidak mau kulit tampak lebih tua daripada usia Anda seharusnya, kan?. Untuk itu, coba beberapa khusus antiaging berikut ini agar kulit Anda tetap terlihat muda dan fresh.

Berbagai produk perawatan pria untuk mencegah penuaan:

Krim Malam dengan Retinol
Untuk mencegah penuaan pada kulit, krim malam dengan kandungan retinol menjadi pilihan terbaik. Dilansir dari Reader's Digest, dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, MS, seorang ahli kesehatan dan penyakit dalam di New York mengatakan bahwa retinol merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit. Kolagen dan elastin adalah protein yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan cerah.

Seiring bertambahnya umur, produksi kolagen dan elastin cenderung melambat. Memakai krim malam yang mengandung retinol bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa memperlambat penuaan kulit.

Serum Vitamin C dan Krim Vitamin A
Dr. Antoni Calmon dari Dr. Dray Clinic di Paris mengungkapkan, rutinitas pagi yang biasanya dilakukan untuk menjaga kulit tetap muda yaitu rutin menggunakan serum vitamin C pada wajahnya setiap pagi hari.

Dalam dua kali seminggu, serum vitamin C dapat diganti dengan krim vitamin A. Kedua vitamin ini diketahui dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit Anda menjadi lebih kencang.

Minyak Esensial
Bukan hanya sebagai aromaterapi, minyak esensial juga bisa digunakan sebagai produk perawatan pria. Dilansir dari Dr. Axe, ada beberapa minyak yang bisa Anda gunakan untuk mencegah penuaan. Misalnya jojoba oil, lavender oil, argan oil dan pomegranate seed oil.

Jojoba mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, tembaga, dan zink. Kandungan jojoba oil tersebut bersifat antiradang yang dapat mengatasi kulit kering, keriput, garis-garia halus pada kulit, serta menjaga kelembapan kulit. Sementara, pomegranate seed oil, argan oil, dan lavender oil mengandung antioksidan yang kuat, seperti glutathione, katalase dan superoksida dismutase. Antioksidan tersebut dapat menjaga kulit dari radikal bebas, terutama sinar UV.

Krim Tabir Surya
Agar Anda aman dari paparan sinar UV, sebelum keluar rumah sebaiknya gunakan krim tabir surya. Krim ini melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Rusaknya sel kulit dapat menyebabkan kerutan dan bintik hitam pada kulit. Anda bisa menggunakan krim tabir surya sebagai produk perawatan pria bersamaan dengan serum di pagi hari.

Krim Mata dan Tangan
Kulit tangan dan area bawah mata menjadi area kulit yang paling cepat mengalami kerutan dan kering. Untuk itu, gunakan hand cream dan eye cream sebagai pelembap kulit. Anda bisa menggunakan hand cream sesering mungkin sesuai kebutuhan. Sementara eye cream digunakan pada pagi dan malam hari. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.