Pria, Ini Dia 5 Produk Perawatan Kulit yang Disarakan Para Ahli

Avatar of PortalMadura.com
Pria, Ini Dia 5 Produk Perawatan Kulit yang Disarakan Para Ahli
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Merawat kulit itu penting untuk semua orang, baik perempuan atau pun laki-laki. Jadi, jika melihat pria merawat kulitnya bukan berarti ia tampak seperti wanita. Bedanya, kalau laki-laki itu cenderung lebih praktis perawatannya daripada perempuan.

Ada banyak pria yang dijual di pasaran. Tapi, bagaimana cara mengetahui bahwa produk tersebut cocok untuk kulitnya?. Apa saja produk perawatan kulit yang dibutuhkan oleh pria?.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Ketahui Dulu Jenis Kulit yang Dimiliki
Sebelum memilih produk perawatan kulit yang tepat, para pria juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis kulit. Pasalnya, jika sembarangan justru akan merusak kulit. Menurut American Academy of Dermatology Association ada beberapa jenis kulit wajah pada pria:

– Kulit sensitif: Biasanya mudah terbakar atau mengalami iritasi setelah penggunaan produk.
– Kulit normal.
– Kulit kering: Kulitnya mudah terkelupas, terasa gatal atau kasar.
– Kulit berminyak: Kulit cenderung berminyak.
– Kulit kombinasi: Di beberapa bagian wajah ada yang berminyak, dan sebagiannya lagi tidak.

Berbagai Macam Produk Perawatan Kulit Pria
Menurut American Academy of Dermatology Association, ada beberapa produk perawatan kulit pria yang direkomendasikan:

Pelembap
Kulit laki-laki juga membutuhkan pelembap untuk menjaga tekstur kulitnya. Pelembap bekerja dengan menjebak air di kulit Anda yang bisa membantu mengurangi garis-garis halus dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk hasil terbaik, sebaiknya oleskan pelembap ke wajah dan juga tubuh saat kulit masih lembap, seperti setelah mandi, atau setelah cukur.

Sabun Muka
Pria juga perlu untuk mencuci mukanya setiap hari apalagi setelah berolahraga. Sabun mandi biasa seringnya mengandung bahan keras yang bisa mengeringkan kulit wajah. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sabun muka yang cocok dengan jenis kulit Anda. Gunakan sabun cuci muka 1-2 kali per hari.

Alat Cukur dan Krim Cukur Jenggot
Pilihlah pisau cukur yang tepat dan nyaman untuk wajah Anda. Gunakan pisau cukur bermata tunggal untuk melindungi kulit dari iritasi. Dengan jenis alat cukur ini, Anda juga akan mengurangi potensi rambut yang tumbuh ke dalam, terutama bagi Anda yang memiliki jenggot keriting.

Gantilah pisau cukur Anda setelah digunakan maksimal 2 kali, jangan terlalu lama menggunakannya untuk menjaga kebersihan pisau cukur Anda. Selain itu, gunakan krim cukur yang melembapkan kulit dan mencegah iritasi. Cukurlah ke arah pertumbuhan rambut.

Scrub Wajah
Seorang dermatologist dari Mount Sinai Hospital New York City, merekomendasikan para pria juga menggunakan scrub atau produk eksfoliating. Produk ini digunakan untuk membantu angkat sel-sel mati di kulit. Produk perawatan kulit pria ini sebaiknya Anda pakai sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Pria, Ini 5 Produk Perawatan yang Cocok untuk Cegah Penuaan

Scrub juga bisa mencegah jenggot atau bulu halus tumbuh ke dalam. Namun hati-hati jangan terlalu sering menggunakannya, karena akan bikin kulit iritasi.

Sunscreen
Untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat sinar matahari yang bisa menimbulkan keriput, bintik hitam, dan bahkan kanker kulit, sebelum pergi keluar rumah gunakan sunscreen. Aplikasikan sunscreen di kulit muka, telinga, dan juga leher.

Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya dengan board-spectrum, artinya tabir surya yang bisa menangkal jenis sinar UV A maupun UV B dari matahari. Selain itu, gunakan juga produk sunscreen yang tahan air dan memiliki SPF minimal 30. Selain sunscreen yang digunakan, Anda juga bisa melindungi kulit Anda dengan mengenakan kacamata hitam dan topi di bawah terik matahari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.