oleh

Pria Ini Temukan “Harta Karun dengan Google Earth”

PortalMadura.com – Howard Jones, Internet merupakan salah Satu teknologi yang dapAt memudahkan manusia, Bahkan mantan Marinir Inggris ini menggunakanya untuk berburu harta karun terpendam sejarah peradaban manusia.

Hanya dengan mengandalkan Google Earth, salah satu aplikasi besutan raksasa search engine google. Pria yang rambutnya suah dipenuhi uban ini berhasil menemukan sebuah lokasi harta karun di daerah South Ham, Inggris. Walaupun belum bisa menemukan harta berharga, usaha yang dilakukan oleh Jones membuahkan hasil yang positif. Pria tersebut berhasil menemukan beberapa pecahan logam dan gerabah dari zaman perunggu atau sekitar 5000 tahun yang lalu.

Uniknya, Jones sebelumnya tidak pernah datang ke lokasi penemuan dan mengadakan riset layaknya ahli arkeologi. Yang dia lakukan hanya memperkirakan lokasi-lokasi yang kemungkinan menjadi tempat pemukiman manusia purba dengan mengamati gambar-gambar satelit di Google Earth.

Dengan menggunakan indikator ketersediaan air dan sumber makanan, Howard membayangkan dirinya adalah seorang manusia kuno yang tengah mencari tempat untuk hidup, untuk menemukan lokasi peradaban kuno atau harta karun.

Benar saja, Jones langsung menuju lokasi penemuan dan meminta izin pemilik tanah untuk melakukan penelitian lanjutan menggunakan mesin pemindai logam atau metal detector. Selain benda-benda berusia 5000 tahun, Jones juga berhasil mendapatkan benda-benda dari zaman Romawi di Inggris dari masa 1500-2000 tahun silam, Daily Mail (22/10).

Penemuan Jones tersebut lalu diinformasikan pada seorang arkeolog bernama Bill Horner. Keduanya lalu membawa peralatan pemindai tanah yang lebih canggih lagi, yakni peralatan radar. Tidak disangka, mereka berhasil menemukan dua buah bangunan yang terkubur di dalam tanah. Bangunan-bangunan tersebut dipercaya sebagai bangunan pertanian dari zaman perunggu atau zaman besi.

Jones dan Horner rencananya akan melakukan penelitian lanjutan dalam skala besar mulai bulan Februari tahun depan. Saat ini mereka mungkin hanya menemukan benda-benda tak bernilai, namun bukan tidak mungkin tahun depan mereka berhasil mendapatkan harta karun sungguhan. (Deny)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE