Program Seribu Wifi Pamekasan ‘Copy Paste’ Kabupaten Banyuwangi

Avatar of PortalMadura.com
Program Seribu Wifi Pamekasan 'Copy Paste' Kabupaten Banyuwangi
Arek Lancor Pamekasan (Foto: Marzukiy)

PortalMadura.Com, – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk program seribu wifi sebagai proyeksi smart city (kota pintar) di bumi Gerbang Salam.

Kasi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika , Frita Prasetya Rini mengatakan, program seribu WIFI tersebut akan dipasang di ruang publik, seperti area Arek Lancor, Eks Stasiun PJKA Jalan Trunojoyo, masjid dan taman-taman umum, tetapi program yang baru diterapkan pertama kami ini masih belum menyentuh hingga tingkat kecamatan.

“Paling lama, Insya Allah di triwulan ke dua tahun ini sudah bisa terealisasi, progres pelaksanaannya kami sudah mulai kerjakan di triwulan pertama. Kami juga telah menyiapkan dokumen untuk acuan kerja,” katanya, Senin (19/2/2018).

Frita menambahkan, program smart city di samping untuk mempercepat dan meningkatkan kinerja birokrasi juga untuk mempermudah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi yang pasti, akses dari pemasangan Wifi tersebut akan dibatasi, sehingga konten negatif tidak bisa diakses oleh masyarakat, kemudian untuk wilayah masjid hanya bisa mengakses konten islami.

“Bahasa sederhananya supaya melek IT lah, karena sekarang sudah serba online, jadi kita bisa buat corner dengan fasilitas wifi yang cukup besar. Tapi kita batasi agar konten negatif tidak bisa diakses,” tandasnya.

Menurutnya, apabila program itu sukses tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun yang akan datang akan difasilitasi hingga tingkat kecamatan atau bahkan desa. Karena final project dari program smart city ini adalah pemasangan Wifi. Bahkan, Frita tidak mengelak jika program tersebut mengambil contoh di Kabupaten Banyuwangi yang sekarang telah menerapkan smart kampung. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.