oleh

Puasa Ramadan, Jemaah Naqsyabandiyah Gersempal Tunggu Hasil Sidang Isbat

PortalMadura.Com, Sampang – Ratusan ribu jemaah Naqsyabandiyah Gersempal yang tersebar di Indonesia, akan memulai puasa Ramadan 1438 H setelah ada keputusan hasil Sidang Isbat Kementerian Agama (Kemenag) yang rencananya akan digelar pada Jumat (26/5/2017).

“Untuk puasa Ramadan, kami tetap menunggu hasil sidang Isbat Kemenag,” kata Bagian Media dan Informasi Silaturrahim Ikhwan Akhowat dan Simpatisan Thoriqoh Naqsyabandiyah (SITQON), Ahmad D. Haryono, M.Pd, dalam siaran persnya, Kamis (25/5/2017).

Sebenarnya, pihaknya mempunyai analisa yang kuat tentang jatuhnya 1 Ramadan. Berdasar hasil dari perhitungan Lajnah Falaqiyah SITQON, dengan metode hisab Ijtima’ akhir Sya’ban/awal Ramadan 1438 H pada hari Jumat Jam 2.45,54 detik (dini hari).

Sementara ketinggian hilal pada saat matahari terbenam, Jumat tanggal 26 Mei 2017 adalah 8º (derajat) 52 menit 40 detik diatas ufuk.

“Sehingga ada kemungkinan puasa akan dimulai pada hari Sabtu, 27 Mei 2017,” urai dia, yang berkantor pusat di PP. Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal, Omben, Sampang, Madura, Jawa Timur.

Jadikan Ramadan Terbaik

Mursyid Thoriqoh Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah Gersempal, Sampang, KH. Ahmad Ja’far Abd. Wahid, pada kesempatan berbeda berharap, agar berupaya semaksimal mungkin menjadikan bulan Ramadan tahun ini sebagai Ramadan terbaik.

“Caranya, berpuasalah, qiyamul lail (salat malam, red) serta meningkatkan ibadah lainnya, karena kita tidak tahu apakah di Ramadan berikutnya masih diberi kesempatan lagi oleh Allah,” katanya, pada kegiatan zikir bersama di Kabupaten Pamekasan, beberapa waktu lalu. (Hartono)

Komentar