oleh

Puluhan Mahasiswa FIK Aksi Peringati Hari AIDS se-Dunia

PortalMadura.com, Sumenep – Puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan aksi dalam rangka memperingati hari AIDS se-Dunia yang jatuh pada 01 Desember di taman Adipura Sumenep.

Dalam aksinya, mahasiswa kesehatan itu membawa spanduk bertuliskan “Stop HIV/AIDS” dan sejumlah poster dengan tulisan “Katakan tidak pada seks bebas”, “Setialah pada satu pasangan”, dan “hindari pemakaian narkotika”.

Mereka juga berorasi secara bergantian dan memberikan selebaran kepada warga yang melintas di jalan Trunojoyo Sumenep. Mereka mengingatkan kepada warga agar menghindari prilaku yang mengarah pada HIV/AIDS.

“Dalam rangka hari AIDS se-dunia, mari kita bersama-sama menjaga diri agar tidak terkena penyakit mematikan ini,” teriak Sukwan, korlap aksi, Senin (01/12/2014).

Ditempat terpisah, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, dr. Fatoni menyatakan, di kabupaten Sumenep, sejak tahun 2013, terdapat 21 orang yang terjangkit penyakit HIV/AIDS.

“Dari 21 orang itu, 8 orang meninggal dunia, sisanya masih dalam pantauan kami,” terang Fatoni.

Mayoritas penderita HIV/AIDS itu, pernah bekerja di luar daerah seperti Kalimantan. “Mereka rata-rata pernah bekerja diluar Sumenep,” tukasnya. (arif/htn).


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE