Punya Anak Kembar, Ini 4 Cara Mendidiknya

Avatar of PortalMadura.com
Punya Anak Kembar, Ini 4 Cara Mendidiknya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Punya anak kembar menjadi idaman bagi sebagian orang tua. Hal ini karena anak kembar terlihat menggemaskan, apalagi bila mereka memakai baju yang sama. Namun, membesarkan anak kembar nyatanya tidak semudah yang dibayangkan, lho.

Tanggung jawab sebagai orangtua pun semakin besar. Mendidik anak kembar pun butuh usaha yang tidak mudah. Mengasuh anak kembar bisa sangat melelahkan baik secara fisik maupun mental. Meski anak kembar tampak tak terpisahkan, tapi kita perlu memahami bahwa tiap anak itu berbeda.

Melansir dari fimela.com dikutip oleh brighthorizons.com, sama seperti saudara adik kakak lainnya, anak kembar punya temperamen, kebutuhan, keinginan, dan kemampuan berbeda. Anak kembar pun bisa tetap saling menyayangi meski kadang bertengkar.

Dalam mendidik anak kembar, kemungkinan besar kita akan membutuhkan bantuan dari orang tua yang punya anak kembar juga. Sehingga bisa saling berbagi pengalaman satu sama lain. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dicoba dalam mendidik anak kembar seperti berikut ini.

Perlakukan Anak sebagai Individu yang Unik
Ketika mengasuh anak kembar, kita mungkin cenderung menganggap mereka sebagai “satu unit”. Padahal kenyataannya masing-masing dari mereka adalah individu yang memiliki keunikan masing-masing.

Baca Juga: Siswi SMK di Sumenep Diisukan Nyaris Jadi Korban Penculikan, Begini Sebenarnya

Hargai perbedaan individu mereka. Bantu optimalkan kelebihan yang dimiliki tiap anak. Hargai mereka dengan nama mereka, bukan dengan status mereka sebagai anak kembar.

Luangkan Waktu untuk Masing-Masing Anak
Ada saatnya kita perlu meluangkan waktu untuk masing-masing anak. Anak kembar punya kecenderungan saling bergantung satu sama lain. Disini kita harus bisa berbagi tugas dengan suami.

Pada saat tertentu, kita bisa mengajak salah satu dari mereka untuk pergi jalan-jalan sedangkan yang satunya diajak melakukan hal lain oleh sang ayah. Lalu, pada hari lain bisa bergantian lagi. Usahakan untuk bisa memberi waktu yang setara pada masing-masing anak agar tidak ada kecemburuan.

Izinkan Anak Memiliki Barang atau Benda yang Berbeda
Kepemilikan dapat membantu anak membangun identitasnya sendiri. Kita bisa mengizinkan anak memiliki barang, mainan, baju, atau sesuau yang berbeda untuk dimiliki sendiri. Bisa juga kita memberikan lemari sendiri untuk masing-masing anak agar bisa diisi dengan baju atau benda-benda yang disukainya.

Berhati-hatilah saat Membanding-bandingkan Anak
Perkembangan atau tumbuh kembang anak adalah sebuah perjalanan, bukan perlombaan. Orang tua kerap membandingkan perkembangan anak satu dengan lainnya.

Bahkan mungkin secara tidak sadar kita akan membandingkan anak kita dalam berbagai hal. Sebisa mungkin hindari membanding-bandingkan anak. Perbandingan yang terlalu menyudutkan hanya akan membuat anak merasa kurang percaya diri dan merasa tidak dicintai.

Nikmatilah setiap momen kebersamaan dengan anak kembar merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Ada banyak hal dan aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama dengan bahagia. Syukuri setiap momen kebersamaan yang dimiliki bersama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.