Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan, 5 Bahan Alami Ini Patut Anda Coba

Avatar of PortalMadura.Com
Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan, 5 Bahan Alami Ini Patut Anda Coba
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak produk skincare yang terbuat dari bahan-. Sehingga sebagian besar wanita menggunakannya karena lebih ramah di kulit. Selain itu, kandungan yang didapat dari alam sangat baik meskipun digunakan setiap hari.

Ada beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan baku produk skincare, diantaranya lidah buaya, lemon, arang, dan juga madu. Namun, selain itu ternyata masih ada beberapa bahan alami yang punya banyak manfaat bagi kecantikan yang jarang diketahui. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Daun Pegagan untuk Atasi Jerawat
Anda mungkin masih asing saat mendengar bahan alami yang satu ini. Padahal, daun pegagan atau yang dalam Bahasa Latin bernama Centella Asiatica ini seringkali digunakan sebagai bahan baku produk perawatan kecantikan kulit yang berfokus untuk mengatasi masalah jerawat.

Perlu diketahui, daun pegagan sangat ampuh dalam mengatasi jerawat berkat kandungan zat aktif yang dimilikinya. Beberapa di antaranya, saponin, glikosida, minyak esensial, flavanoid, dan sterol efektif untuk menuntaskan jerawat. Tidak hanya itu, daun pegagang juga kerap dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi selulit, perawatan kusta, serta mengatasi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga Khasiat Daun Pegangan Untuk Kesehatan

Sake untuk Mengeksfoliasi Kulit
Sake merupakan salah satu jenis minuman asal Jepang yang mengandung alkohol. Namun, tidak hanya sekedar minuman beralkohol, ternyata sake juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Sake sendiri terbuat dari fermentasi beras. Di dalamnya, terdapat kandungan enzim yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati secara lembut tanpa menimbulkan iritasi serta menyebabkan kekeringan pada kulit.

Menariknya lagi, rutin melakukan perawatan dengan bahan alami yang satu ini kabarnya juga akan membuat tampilan kulit wajah tampak lebih cerah. Tidak heran jika ada banyak produk skin care asal negeri sakura yang menjadikan sake sebagai bahan utama produknya.

Kaktus untuk Menghidrasi Kulit
Beberapa di antara Anda mungkin mengira jika kaktus hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias saja. Padahal, tanaman yang tumbuh di iklim tropis ini juga bermanfaat untuk merawat kulit. Salah satunya sebagai pelembap. Berkat kemampuannya dalam menyimpan volume air, tanaman berduri ini mampu mencegah dehidrasi serta hilangnya kelembapan alami pada kulit.
Selain itu, kaktus bahkan dapat menghidrasi sekaligus mencegah evaporasi pada lapisan epidermis kulit. Jika Anda tertarik untuk merasakan manfaatnya, saat ini sudah banyak kok produk perawatan kecantikan yang menggunakan kaktus sebagai bahan dasarnya.

Daun Bambu untuk Menangkal Radikal Bebas
Seperti yang telah diketahui, radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, baik yang sifatnya ringan maupun yang bersifat berat seperti kanker. Daun bambu sendiri sangat kaya akan kandungan anti-oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, bambu juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti keriput ataupun flek hitam yang muncul, baik di kulit tubuh maupun wajah.

Air Tajin Sebagai Pencerah Wajah
Jika Anda pernah menanak nasi dengan cara tradisional menggunakan dandang, Anda mungkin familiar dengan air tajin. Air yang berwarna putih agak sedikit bening ini memiliki rasa yang cukup manis, sehingga ada sebagian orang yang gemar mengonsumsinya. Selain dapat dikonsumsi, rupanya air tajin juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit berkat kandungan enzim yang dimilikinya. Selain itu, air tajin juga mengandung vitamin A, vitamin C, serta zat flavonoid yang mampu mencegah penuaan dini. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.