Punya Jenis Rambut Tebal dan Kasar? Ini 8 Cara Merawatnya

Avatar of PortalMadura.com
Punya Jenis Rambut Tebal dan Kasar? Ini 8 Cara Merawatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempunyai rambut tebal dan kasar tentu menjadi tantangan tersendiri ketika akan menyisir karena sulit diatur. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang mempunyai jenis rambut ini akan sering ke salon untuk melakukan berbagai macam perawatan rambut untuk memudahkan menata dan terlihat lebih rapi.

Namun, sering melakukan perawatan ke salon pasti akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Sehingga pengeluaran akan bertambah banyak. Sebenarnya Anda bisa merawat rambut tebal dan kasar dengan melakukan beberapa cara ini di rumah dan tidak perlu biaya mahal. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (15/11/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari healthline.

Berikut ini penjelasannya:

Gunakan Conditioner

Krim dan serum conditioner dapat membantu batang rambut Anda rata, mengembalikan bentuk aslinya. Selain itu, banyak krim conditioner dapat melindungi rambut kasar dari menunjukkan tanda-tanda kerusakan dengan memasukkan rambut dengan silikon dan protein.

Hindari Produk Rambut Berbasis Alkohol

Alkohol merupakan bahan utama dalam banyak produk rambut, terutama semprotan rambut dan gel. Produk-produk ini dapat melembabkan rambut Anda.

Rambut kasar dapat mengering dengan mudah, membuatnya rentan terhadap kerusakan. Cobalah untuk memilih formula bebas alkohol atau rendah alkohol untuk produk penataan gaya Anda jika memungkinkan.

Tidur di Atas Sarung Bantal Lembut

Meskipun tidak ada penelitian untuk mendukung klaim, banyak ahli kecantikan merekomendasikan tidur di atas sarung bantal lembut untuk melindungi rambut Anda dari kusut dan kerusakan.

Batasi Terkena Panas Seperti Catokan

Alat penata panas, seperti catokan, yang terlalu sering dapat membuat kelembaban rambut Anda lebih hilang. Akibatnya, rambut akan menjadi kering, keriting dan sulit diatur.

Perhatikan pemakaian catokan dan hairdryer seminimal mungkin jika Anda memiliki rambut kasar. Sebuah studi menunjukkan bahwa menjaga jarak hairdryer dengan rambut Anda sekira 6 inci, dapat membantu mencegah kerusakan. Selain itu, usahakan agar menjaga hairdyer tidak hanya fokus pada satu titik.

Coba Masker Deep Conditioning

Masker rambut dan kondisioner menjadi cara yang bagus untuk menutrisi, melembabkan, dan melembutkan rambut kasar. Anda dapat mencoba membuat masker rambut sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, madu, lidah buaya atau bahkan alpukat.

Masker rambut yang sangat membantu rambut Anda, dan dapat memaksimalkan manfaatnya dengan menggunakannya sebelum tidur. Bisa juga, Anda menggunakan perawatan minyak panas yang mengandung minyak alpukat, jojoba dan minyak kelapa.

Minyak nabati ini dapat membantu melindungi dan melembabkan rambut Anda, sekaligus mengurangi rambut kusut dan kering.

Anda bisa menggunakan masker rambut atau perawatan minyak panas pada rambut Anda seminggu sekali. Jika rambut Anda sangat kering, Anda mungkin ingin menggunakan perawatan dua kali seminggu.

Vitamin Rambut

Meskipun produk dan perawatan yang tepat dapat membantu rambut Anda di luar, tapi tanpa nutrisi yang baik dalam tubuh Anda, maka kesehatan dan vitalitas rambut tidak akan terjaga.

Vitamin dan mineral yang sangat penting untuk rambut sehat meliputi vitamin A, C, D, dan E, biotin, niasin dan besi. Cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin ini yaitu dengan mendapatkannya dari makanan yang Anda makan.

Baca Juga: 4 Orang Diciduk Petugas Pada Razia Prostitusi

Potong Rambut Secara Rutin

Memangkas rambut setiap 8-10 minggu menjadi waktu yang bagus untuk setiap jenis rambut. Cara ini bisa membantu menghilangkan rambut bercabang dan rusak yang dari alat blow pengeringan, catok, pewarnaan rambut dan perawatan salah lainnya.

Konsultasikan dengan penata rambut untuk memastikan rambut Anda dapat mempertahankan bentuk, dan gayanya tanpa terbebani oleh ujung yang rusak dan rentan bercabang.

Pilih Sisir yang Tepat

Gunakan sisir yang tepat, jika Anda memiliki rambut kasar, sikatlah saat itu basah. Ini dapat membantu meminimalkan rambut kusut, kusut saat rambut Anda mengering. Selain itu, hindari menyikat rambut secara berlebihan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.