Punya Penyakit Maag? Hindari 4 Jenis Makanan dan Minuman Ini

  • Bagikan
makanan pedas
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penyakit asam lambung atau yang lebih dikenal dengan penyakit maag merupakan pradangan lambung yang terjadi karena tingginaya produksi asam lambung. Pada umumnya, hal tersebut terjadi karena pola makan yang tidak teratur, stress, dan kurang tidur.

Bila hal tersebut terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan salah satunya yakni menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu produksi asam lambung lebih banyak. Penasaran apa saja makanan dan minuman tersebut ? berikut penjelasannya untuk Anda.

Makanan Terlalu Pedas
Makanan yang terlalu pedas dapat melukai lambung dan membuat peradangan. Oleh karena itu, apabila Anda punya penyakit maag tetapi ingin makan makanan pedas, usahakan pedasnya yang standar saja.

Rasa pedas dari cabai, merica, atau paprika dapat membuat produksi asam lambung lebih tinggi. Jadi, jangan pernah mencoba makanan dengan kepedasan level 10, agar penyakit maag Anda tidak kambuh.

Memiliki Kandungan Asam Tinggi
Beberapa makanan yang bersifat asam dapat membuat produksi asam lambung meningkat juga. Kamu boleh mengonsumsi makanan ini, namun jangan sampai berlebihan. Misalnya, seperti kopi, jus buah yang asam, acar yang mengandung cuka, dan yogurt.

Yang Susah Dicerna
Maag merupakan akibat dari luka pada lambung. Oleh karena itu, ada baiknya penderita maag mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak dan mudah dicerna.
Jadi, Anda tidak boleh sering-sering mengonsumsi daging berlemak, cake tinggi gula, dan cokelat, ya.

Mengandung Soda
Karena minuman bersoda mengandung banyak gas, maka perut Anda akan terasa penuh dan membuat tekanan pada asam lambung. Oleh karena itu, hindari minuman bersoda, seperti sprite, coca-cola dan fanta. Apalagi, minuman beralkohol, yang memiliki kandungan asam yang tinggi.

Jadi, bagi Anda yang memiliki penyakit maag, apabila sudah telanjur mengonsumsi empat jenis makanan dan minuman tersebut, ada baiknya asam lambung Anda diturunkan dengan mengonsumsi air buah kelapa, makan buah pepaya, atau dengan sedikit mengisi perut Anda dengan buah pisang dan buah apel. Semoga bermanfaat. (gadis.co.id/Nanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.