oleh

Punya Rambut Keriting? Ini 6 Resep Kondisioner Alami yang Bisa Anda Coba

PortalMadura.Com – Mempunyai rambut yang keriting memang menjadi tantangan tersendiri. Sebab, tipikal rambut ini cenderung mudah kering dan kusut. Hal ini karena minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala tidak bisa mencapai bagian bawah rambut ikal.

Sebagian orang mengatasi masalah tersebut dengan cara memakai kondisioner rambut yang banyak beredar di pasaran. Tapi selain itu, Anda juga bisa memilih bahan alami yang sama-sama memiliki khasiat yang mungkin jauh lebih baik dan tidak menguras kantong.

Penasaran dengan kondisioner itu?. Berikut akan diberikan beberapa resep kondisioner natural untuk rambut keriting, simak baik-baik bahan dan cara mengaplikasikannya:

Conditioner Telur dan Minyak Zaitun
Bahan yang diperlukan yaitu 1 butir telur ayam dan 1 sendok makan minyak zaitun. Cara aplikasikannya; kocok telur, kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata.

Usapkan campuran ini ke seluruh bagian rambut, kemudian tutup dengan topi mandi dan keringkan dengan hair dryer bersuhu rendah selama beberapa menit. Setelah itu, diamkan beberapa menit dan lalu bilas dengan sampo biasa.

Conditioner Air Jeruk Nipis dan Santan
Bahan yang diperlukan yaitu 2 sendok teh air perasan jeruk nipis, 1 sendok makan santan dan 2 sendok makan minyak zaitun. Cara aplikasikannya; campurkan 1 sendok makan santan dan 2 sendok makan minyak zaitun. Lalu, tetesi jeruk nipis, kemudian aduk hingga merata.

Terapkan kondisioner pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan sampo biasa secukupnya. Bilas menggunakan air hangat.

Conditioner Madu dan Santan
Bahan yang diperlukan yaitu 1 cangkir santan dan 4 sendok makan madu. Cara aplikasikannya; campurkan santan dan madu, kemudian sisihkan.

Loading...

Keramas rambut Anda terlebih dahulu, kemudian aplikasikan campuran ini dari akar ke ujung rambut. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Conditioner Pisang dan Madu
Bahan yang diperlukan, 1-2 buah pisang matang (jenis apa saja), 2 sendok teh madu. Cara aplikasikannya; hancurkan 1-2 buah pisang matang dan tambahkan 2 sendok teh madu.

Gunakan campuran tadi sebagai masker rambut. Keramas rambut dengan sedikit sampo setelah didiamkan setengah jam.

Conditioner Minyak Zaitun dan Air Mawar
Campuran ini bisa difungsikan sebagai leave-in conditioner. Jadi tidak perlu dibilas dengan air. Bahan keperluan, 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan air mawar.

Cara aplikasikannya; aduk rata minyak zaitun dan air mawar. Ambil sedikit campuran di tangan Anda dan gosokkan sedikit pada pertengahan bagian hingga ujung rambut. Pastikan rambut Anda masih basah setelah dikeramas. Keringkan rambut dengan hair dryer atau angin-anginkan saja hingga mengering dengan sendirinya.

Conditioner Telur dan Mayones
Bahan yang dibutuhkan; 2 telur dan 4 sendok makan mayones. Cara aplikasikannya; kocok 2 telur utuh dan tambahkan 4 sendok makan mayones. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun untuk membentuk campuran yang kental. Kemudian, usapkan campuran ini pada rambut Anda. Cuci dengan sampo bebas sulfat setelah didiamkan 30 menit.

Demikian resep-resep conditioner khusus untuk rambut keriting yang bisa Anda coba di rumah. Lakukan perawatan dengan salah satu resep di atas minimal seminggu sekali. Idealnya dilakukan setiap keramas agar hasilnya pun maksimal. (merdeka.com/Putri)


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE