PWI Jatim : Musuh Besar Pers Adalah Perbuatan Pelaku Pers Sendiri

Avatar of PortalMadura.Com
PWI Jatim : Musuh Besar Pers Adalah Perbuatan Pelaku Pers Sendiri
UKW di Mojokerto

PortalMadura.Com, – Menyikapi tudingan miring masyarakat terhadap insan pers, Dewan Pers Indonesia menunjuk tiga lembaga resmi wartawan, yakni PWI, RRI dan AJI, agar menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan () bagi seluruh anggotanya.

Uji Kompetensi itu dimaksudkan untuk menepis tudingan miring dari masyarakat, yang akhir-akhir ini diarahkan ke pelaku pers.

Akibatnya secara berkala PWI di berbagai daerah, menyelenggarakan UKW. Di Jawa Timur sendiri hingga akhir 2014, sudah menyelenggarakan ukw sebanyak 9 kali.

” Saya berharap, rekan-rekan yang sudah lulus ukw, agar betul-betul kompeten dalam menjalankan tugas sebagai wartawan,” kata H. Ahmad Munir, Ketua PWI Jatim, dalam sambutan penutupan UKW ke 9 di De Resort Hotel Mojokerto, Sabtu (20/12/2014).

Menurut dia, musuh besar wartawan adalah prilaku dari para pelaku media itu sendiri yang banyak melakukan penyimpangan. Maka kedepan harus betul-betul kompeten dan menjaga nama baik pers.

Tudingan miring dari masyarakat itu, disebabkan oleh tindakan dan prilaku oknum wartawan dilapangan. Sehingga masyarakat yang mengetahui hal tersebut, langsung menvonis wartawan tukang cari kesalahan orang, serta tukang pajak.

Akibatnya nama wartawan tercoreng, dan kepercayaan masyarakat terhadap pelaku pers menurun. Masyarakat tidak lagi menganggap insan pers, sebagai pahlawan yang dapat memperjuangkan hak-hak rakyat.

Dari 60 peserta UKW ke IX, 57 orang dinyatakan kompeten. Sedang 3 orang dinyatakan tidak kompeten dan harus mengikuti UKW pada priode berikutnya.(dien/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.