Rapat Paripurna DPRD Sumenep Berbahasa Madura

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, – Penyelenggaraan rapat paripurna , Madura, Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep, menggunakan bahasa Madura, Senin (31/10/2022).

Semua pembicara, mulai dari pemandu acara, pimpinan sidang M. Syukri, hingga sambutan pimpinan DPRD Sumenep, Faisal Muhlis dan Indra Wahyudi serta Bupati Sumenep Achmad Fauzi, kompak menggunakan bahasa Madura.

Rapat paripurna pada momentum itu juga berbeda dengan rapat paripurna pada umumnya. Semua anggota DPRD Sumenep dan undangan dari unsur eksekutif mengenakan pakaian adat, seperti blangkon dan lainnya.

Suasana berbeda dan terasa sakral sudah terasa mulai pintu depan DPRD Sumenep. Hamparan karpet merah dari pintu depan hingga ruang paripurna lantai 2 dan aroma pandan yang sengaja ditabur di sepanjang karpet seakan menghadirkan suasana masa kerajaan.

Belum lagi ada dua penjaga pintu berpakaian mirip prajurit keraton serta alunan klenengan, melengkapi kesakralan penyelenggaraan rapat paripurna DPRD Sumenep berbahasa Madura tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sumenep M. Syukri mengatakan, penyelenggaraan rapat paripurna yang dikemas berbeda adalah salah satu wujud dalam menjunjung tinggi peradaban. “Semoga kedepannya dengan usia Sumenep yang tidak mudah lagi, tambah baik,” katanya.

Selain itu, kata dia, warga Sumenep harus mampu mengambil hikmah dari kesuksesan para pendiri dan pemimpin masa lalu. “Sumenep harus tetap menjunjung tinggi nilai peradaban, keagamaan dan persaudaraan sehingga kedepannya jauh lebih baik,” tandasnya.

Sementara, Bupati Sumenep Achmad Fauzi merespon baik atas penyelenggaraan rapat paripurna DPRD Sumenep yang kental dengan budaya lokal Sumenep, semisal berbahasa Madura.

“Ini penting. Karena lidah kita menjadi kaku jika tidak dibiasakan (bahasa Madura). Maka, putra-putri kita juga harus dibiasakan menggunakan bahasa Madura. Misalnya, satu hari dalam sepekan, siswa harus menggunakan bahasa daerah (Madura),” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.