Ratusan Dusun di Pamekasan Terancam Kekeringan

Avatar of PortalMadura.com
Ratusan Dusun di Pamekasan Terancam Kekeringan
dok. Kepala BPBD Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus

PortalMadura.Com, – Ratusan dusun di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terancam akan mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun 2018.

Berdasarkan data pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, pada tahun 2016 ada 80 desa 323 dusun yang mengalami kekeringan. Sementara pada tahun 2017, tetap 80 desa yang kekurangan air bersih, tetapi jumlah dusunnya berkurang menjadi 310 dusun.

“Tahun ini kami belum tahu, karena masih akan dijalani,” kilah Kepala , Akmalul Firdaus, Kamis (24/5/2018).

Dijelaskan, penetapan daerah kekeringan itu berdasarkan kajian dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur. Tahun 2018, kemungkinan besar daerah terdampak kekeringan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Pamekasan, Mohammad Tharmom, meminta pemerintah daerah benar-benar memerhatikan daerah terdampak kekeringan itu, terutama suplai air bersih. Karena terkadang masih ada warga yang tidak mendapatkan dropping air dari pemerintah.

“Tentunya harus ada penanganan khusus soal kekeringan ini agar masyarakat terbebas dari musibah tahunan ini,” pintanya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.