Ratusan KPM PKH di Pamekasan Mundur Secara Massal

Avatar of PortalMadura.com
Ratusan KPM PKH di Pamekasan Mundur Secara Massal

PortalMadura.Com, - Ratusan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM ) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mundur secara massal.

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Pamekasan, Hanafi mengungkapkan, mundurnya ratusan KPM tersebut dampak dari penempelan stiker atau labelisasi bahwa keluarga itu termasuk penerima bantuan dari pemerintah.

“Ada satu desa di Kecamatan Pademawu 75 KMP mundur secara massal, kalau se Pamekasan sudah ratusan. Itu dampak dari penempelan stiker,” katanya, Sabtu (2/1/2021).

Menurutnya, adanya program penempelan stiker tersebut memiliki dampak besar dalam menyadarkan masyarakat. Apakah yang bersangkutan berhak menerima bantuan tersebut atau tidak.

Dia menuturkan, beberapa KPM menolak saat hendak ditempeli stiker oleh pendamping yang bekerja sama dengan TNI dan Polri. Namun pilihannya hanya dua, yaitu mundur sebagai penerima manfaat atau tetap ditempel stiker. Sebagian diantara mereka memilih mundur lantaran sadar bahwa dirinya masuk kategori mampu.

“Bagi yang melakukan penolakan tetap kami inventarisir untuk distop bantuannya, dengan cara asistennya dari pemerintah desa yang kemudian kami non elejibelkan,” tandasnya.

Menurutnya, labelisasi dengan penempelan stiker tersebut akan memberikan transparansi kepada publik tentang penerima bantuan sosial dari pemerintah.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.