Ratusan Warga Kepulauan Masalembu Tertahan di Pelabuhan Kalianget Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Ratusan Warga Kepulauan Masalembu Tertahan di Pelabuhan Kalianget Sumenep
Suasana di Pelabuhan Kalianget Sumenep (Foto: Samsul Arifin)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Ratusan calon penumpang yang akan mudik ke Kecamatan/Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tertahan di Pelabuhan Kalianget. Pasalnya, sejak tiga hari lalu tidak ada kapal yang berlayar akibat cuaca buruk.

“Sekitar 300 orang lebih tertahan di Pelabuhan Kalianget Sumenep,” kata salah satu warga Masalembu, Rahman, Rabu (29/5/2019).

Calon penumpang yang akan mudik ke Pulau Masalembu yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, terpaksa harus bermalam di area terminal penumpang Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dengan menggunakan alas seadanya.

Ia berharap, pemerintah ikut memikirkan nasib ratusan warga yang tertahan di Pelabuhan. Minimal konsumsi para calon penumpang. Sebab, mayoritas bekal penumpang sudah menipis.

Baca Juga:  HANI, Bupati Sumenep Minta BNNK Gencar Sosialisasi Bahaya Narkoba

“Harapan kami pemerintah memberikan bantuan berupa makanan saat buka dan sahur agar beban masyarakat yang tertahan bisa berkurang,” harapnya.

Kapal perintis yang semestinya berlayar sejak 27 Mei 2019 tersebut belum memastikan berlayar kembali, sedangkan di rute Kalianget-Kangean justru diberangkatkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Supriyanto mengatakan, tidak berani mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar khususnya kapal tujuan Masalembu karena cuaca tidak stabil.

Baca Juga : THR PNS di Sumenep Capai Rp 40 Miliar Lebih

“Ombak di perairan Masalembu dikisaran 1 hingga 3 meter. Kondisi tersebut membahayakan keselamatan pelayaran. Makanya kapal belum boleh berangkat,” jawab Supriyanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.