Rawan Puting Beliung, Siswa Dilatih SPAB BPBD Jatim

Avatar of PortalMadura.com
Rawan Puting Beliung, Siswa Dilatih SPAB BPBD Jatim
Siswa dapat pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana BPBD Jatim (Ist for @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Bencana angin puting beliung menjadi potensi ancaman nyata bagi SMP Negeri 1 Tanah Merah. Sekolah yang berada di Jalan Raya Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan ini pernah mengalaminya.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 1 Tanah Merah Muhammad Yusuf. “Daerah sekitar sekolah kami rawan bencana angin kencang atau angin puting beliung. Pernah terjadi beberapa genteng terlempar,” terangnya, Sabtu (24/9/2022).

Dia memandang sangat penting adanya pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang diadakan BPBD Jawa Timur bersama Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim.

“Pelatihan SPAB dapat digunakan sebagai materi pencegahan atau bisa meminimalisir bencana. Diharapkan para murid beserta guru dapat membagi informasi yang sangat berguna bagi sesama,” jelasnya.

SPAB yang digelar hari Kamis-Jumat (22-23/9) itu dibuka oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Andhika Nurrahmad Sudigda.

“Mengapa kita adakan kegiatan SPAB, dikarenakan akhir-akhir ini di Bangkalan telah terjadi beberapa bencana. Maka dari itu, kegiatan ini untuk mengetahui cara mencegah bencana-bencana tersebut,” ungkap Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bangkalan Rizal Morris.

Aslichatul Insiyah, Nurul Wachida, dan Muhammad Rafly Ramadhani menjadi fasilitator kegiatan ini. Mereka memberikan edukasi, baik teori dan praktik mengatasi bencana dengan pemahaman yang mudah dimengerti siswa tingkat SMP.

Para fasilitator memberikan simulasi evakuasi mandiri dengan potensi bencana angin puting beliung. Kemudian latihan penanganan menghadapi kebakaran.(*)

Pengirim : 0813-3553-3xxx

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.