oleh

Rawat Motor Saat Musim Hujan dengan 7 Cara Ini

PortalMadura.Com – Saat ini sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan sehingga banyak hal yang harus diperhatikan. Selain kondisi kesehatan, juga masalah perawatan kendaraan bermotor untuk kegiatan sehari-hari.

Musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara motor. Apalagi urusan merawat motor setelah terkena air hujan atau bahkan terendam banjir. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman republika.co.id, berikut cara merawat motor saat musim hujan agar mesin tetap awet tetap dalam kondisi prima.

Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Ini hal wajib yang harus dilakukan sebelum berkendara naik motor, tetapi tidak sedikit orang yang sering mengabaikannya. Di musim hujan ini pasti kondisi udara jadi semakin dingin, maka dengan memanaskan mesin motor cara yang tidak boleh Anda lupakan. Jika mesinnya tidak dipanaskan, ada kemungkinan membuatnya jadi lembab.

Pastikan Angin Ban Terisi

Semakin sedikit tekanan ban, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan jalanan semakin banyak sehingga membuat tarikan motor jadi lebih berat dan mempercepat proses penipisan ban. Apalagi motor Anda harus menerobos jalanan yang digenangi air. Jika angin di dalam ban tidak maksimal, maka bannya bisa cepat rusak.

Cek Oli Setelah Terjebak Banjir

Di beberapa daerah di Indonesia dan Jakarta terjadi banjir, malah sampai motor terendam air yang cukup tinggi. Ketika motor Anda tergenang banjir, segera periksa oli mesinnya saat sampai di rumah. Lihat apakah ada perubahan warna. Jika iya, sebaiknya segera ganti oli di dalam mesin motor Anda.

Periksa Bagian Filter Udara

Para pemilik motor pasti tahu kalau filter udara di motor harus selalu dalam kondisi kering dan tidak boleh basah. Kalau kena air hujan tentu akan jadi bahaya. Di musim hujan ini baiknya rutinlah periksa bagian filter udara motor Anda. Supaya tetap aman saat berkendara.

Bersihkan Knalpot

Jangan lupa periksa kondisi knalpot motor Anda. Kalau ada air atau kotoran yang menempel di bagian dalam atau lehernya, sebaiknya segera bersihkan. Anda pasti tahu bukan cara membersihkan knalpot sendiri? Kalau tidak tahu sebaiknya bawa ke bengkel supaya hasilnya maksimal.

Bersihkan dan Keringkan Kanvas

Asbes biasanya jadi bahan utama kanvas rem motor. Kalau bagian itu terkena air, maka akan menggembung dan mengeras ketika kering dengan sendirinya. Setelah motor terkena hujan atau terendam banjir, baiknya Anda injak pedal rem supaya kanvas cepat kering dan tidak keras ketika rem diinjak.

Begitu juga dengan bagian rem cakram. Posisi bagian ini sangat terbuka dan mudah dimasuki kotoran dan air, kalau didiamkan bisa membuat rem jadi tidak maksimal. Jadi, segera cek dan bersihkan.

Rutin Mencuci Motor

Motor bisa saja menjadi rusak bila motor terkena air hujan atau banjir yang membuatnya jadi kotor. Pikiran kalau motor akan kotor lagi saat kena hujan atau banjir setelah dicuci sebaiknya dihilangkan. Lebih baik Anda buang air sedikit daripada merelakan motor Anda rusak secara perlahan-lahan. Anda tentu tahu bukan kalau air hujan mengandung asam yang bisa mempercepat proses korosi pada beberapa bagian utama motor.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : republika.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. wah, thanks min buat tipsnya. ngecek oli emang penting banget sih. aku juga gitu tuh kalo abis nerabas banjir, selalu aku cek federal oil di motorku hehe