oleh

Penderita DBD Capai 135 Orang, Satu Meninggal Dunia

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mencatat ada 135 orang yang menderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terhitung sejak Januari hingga September 2020.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Dinkes Pamekasan, Nanang Suyanto menjelaskan, dari jumlah 135 penderita itu, satu diantaranya meninggal dunia. Pasien nyawanya tidak tertolong setelah mendapat perawatan intensif dari tim medis.

“Makanya pada peralihan musim ini, dari musim kemarau ke musim penghujan perlu waspada penyakit DBD ini,” katanya, Rabu (28/10/2020).

Dia menuturkan, masyarakat dapat melakukan pencegahan penyakit DBD ini dengan melakukan 3 M, yakni menguras, menutup dan mengubur sarang nyambuk berupa jentik-jentik yang berpotensi menularkan penyakit DBD tersebut.

“Menguras penampungan air mininal satu minggu sekali, menutup tempat tempat penyimpanan air, serta mengubur sarang nyamuk yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Seperti kaleng, botol dan lain-lain,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.