Reaksi Emoji di WhatsApp Resmi Diluncurkan, Ini Cara Gunakannya

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Reaksi-Emoji-di-WhatsApp-Resmi-Diluncurkan,-Ini-Cara-Gunakannya
Ilustrasi (garuda-new.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Baru-baru ini fitur reactions atau reaksi emoji di WhatsApp resmi diluncurkan. Fitur ini bisa membantu Anda menemukan sejumlah reaksi emoji yang intuitif. Tapi, emoji ini pasalnya akan dikeluarkan bertahap. Sebab, tidak semua pengguna langsung bisa menggunakannya.

Hal ini dikonfirmasi oleh kepala WhatsApp, Will Cathcart, dalam sebuah video di Twitter dan di blog WhatsApp sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (11/5/2022) dari laman Liputan6.com.

“Kami senang mengumumkan bahwa reaksi akan datang ke WhatsApp dimulai dengan 👍❤️😂😮😢🙏 beserta semua emoji dan warna kulit yang akan datang,” ujarnya saat pengumuman fitur tersebut.

Nah, agar Anda tidak penasaran, berikut cara menggunakan fitur Reactions atau reaksi emoji di WhatsApp:

1. Buka obrolan tempat pesan yang ingin Anda tanggapi.
2. Tekan dan tahan pada pesan yang Anda terima dan ingin Anda tanggapi.
3. Sebuah pop-up akan muncul dengan 6 emoji yang bisa Anda gunakan untuk bereaksi.
4. Pilih salah satu dari 6 emoji itu untuk menggunakannya sebagai reaksi.
5. Reaksi pesan Anda akan muncul di bawah pesan yang dipilih sebelumnya.

Sebelumnya, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan kehadiran fitur reaksi emoji di WhatsApp. Informasi tersebut ia umumkan melakui akun resminya di Facebook dan Instagram.

“Reactions di WhatsApp bergulir mulai hari ini,” tulis Mark. Dalam unggahan tersebut, ia juga menampilkan enam reactions yang hadir kali ini.

Ada reactions acungan jempol, hati, tertawa terbahak-bahak, kaget, serta sedih. Sebagai tambahan, ada pula reactions yang kerap diartikan sebagai ucapan terima kasih atau tos.

Dalam unggahan melalui Facebook, Mark Zuckerberg juga menuliskan dalam waktu dekat lebih banyak ekspresi akan ditambahkan di fitur ini. Namun, ada kemungkinan fitur ini akan rilis secara bertahap untuk seluruh pengguna, sehingga saat ini tidak semunya sudah bisa memakainya.

Untuk diketahui, fitur reactions di WhatsApp sebenarnya sudah terdengar kehadirannya sejak tahun lalu, tapi baru muncul di versi beta baru pada bulan lalu. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi pada pesan yang diterima.

Dengan kata lain, pengguna WhatsApp kini bisa lebih ekspresif dalam memberikan reaksi terhadap pesan yang dikirimkan orang lain. Fitur ini sebenarnya sudah hadir lebih dulu di aplikasi Facebook.

Reactions memperkaya respons pengguna pada unggahan maupun komentar Facebook, sehingga tidak lagi sekadar tombol like.

Menurut laporan, awalnya WhatsApp tidak memiliki rencana mengungkap kehadiran fitur reaksi emoji untuk para pengguna. Namun pada akhirnya, perusahaan mulai mengembangkan fitur ini di iOS versi beta, kemudian untuk Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.