Realisasi ADD di Sumenep Capai Rp19 Miliar

Avatar of PortalMadura.Com
Realisasi ADD di Sumenep Capai Rp19 Miliar
dok. Ali Dafir

PortalMadura.Com, – Realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mencapai Rp19 miliar lebih atau 26 persen ke 143 desa yang tersebar di 16 dari 27 kecamatan.

“Dari total anggaran ADD, baru 26 persen yang terealisasi di 16 kecamatan. Ini baru tahap pertama. Dimasing-masing desa, ADD baru terealisasi 40 persen,” kata Ali Dafir, Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes), Pemkab Sumenep, Rabu (17/6/2015).

Ali Dafir menyampaikan, untuk 11 Kecamatan yang belum mendapatkan aliran ADD itu karena belum mengajukan. Kemungkinan karena berkas persyaratannya belum rampung.

“Pengajuan ADD harus menyertakan beberapa persyaratan, diantaranya RPJM Des, RKP Des, Raperdes, dan APB Des,” ujarnya.

Pencairan ADD dimasing-masing desa baru tahap pertama, sedangkan sisanya bisa dicairkan setelah desa melaksanakan tahap pertama dengan menunjukkan SPJ.

“Kalau tahap pertama sudah direalisasikan dan menunjukkan SPJ, desa bisa mengajukan pencairan ADD untuk tahap kedua,” tuturnya.

Anggaran DD, di Kabupaten Sumenep 2015 mendapatkan alokasi dana sebesar Rp94,8 miliar. Anggaran DD itu jika dibagi ke 330 desa, setiap desa akan mendapatkan dana sebesar Rp258 juta.

Selain DD, desa juga akan mendapatkan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp115 miliar. Perdesa minimal akan mendapatkan Rp209 juta dari alokasi dana desa. Perdesa akan mendapatkan anggaran Rp400 juta lebih setiap desa dari DD dan ADD. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.