Remaja Mandiri, Kenapa Tidak?

Avatar of PortalMadura.Com
Remaja Mandiri, Kenapa Tidak?
Ist.Net

PortalMadura.Com – Sebenarnya, menjadi mandiri tidaklah susah. Asal ada niat, pasti dapat. Niat menjadi kekuatan yang mempengaruhi proses pencapaian tujuan itu sendiri.

Asal ada niat untuk mandiri, maka kita pun akan terfokus dengan berbagai macam usaha untuk bisa mandiri. Memang semua itu butuh proses dan tahapan-tahapan untuk mencapai kemandirian. Serta butuh tekad yang kuat untuk mandiri disaat kalian masih berusia .

Nah, lantas bagaimana untuk memulainya? Berikut cara-cara yang dapat kalian lakukan agar dapat mandiri.

Lakukan Apa yang Dapat Kamu Lakukan Sendiri
Walaupun di rumah mungkin sudah ada pembantu, tidak ada salahnya sekali waktunya kita belajar mencuci sendiri, ikut menyapu, atau memasak. Lama-lama kita akan terbiasa untuk melakukan pekerjaan semacam itu. Jadi kalau kebetulan kita ditinggal sendiri, kita tidak akan kerepotan lagi.

Buatlah Menjadi Kebiasaan
Apa yang kita lakukan bergantung kepada kebiasaan. Coba saja kita amati. Kalau kita terbiasa bangun pagi, kita akan terpola mengerjakan itu setiap hari. Karena sudah menjadi kebiasaan, tentunya sudah tidak berat lagi.

Minta Bantuan Mengerjakan, Bukan Minta Mengerjakan
Nah, kala kita sudah menyerah karena  tidak bisa, bagaimana? Tidak ada salahnya kita minta bantuan orang lain. Ingat, minta bantuan mengerjakan, bukan minta dikerjakan. Jelas dua hal itu berbeda. Sebagai contoh, saat kita mengerjakan soal pekerjaan rumah, kita dapat minta tolong kakak untuk membantu mengerjakan soal tersebut. Akan tetapi, bukan kakak yang mengerjakan soal yang tidak dapat kita kerjakan.

Berempati Terhadap Sesama
Berempati terhadap sesama ternyata juga dapat melatih kita untuk mandiri. Ketika kita tau kesulitan orang lain, kita tentu tidak ingin mengalami hal yang sama. Jadi, kita termotivasi untuk berusaha lebih keras lagi.(bk/Choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.