Resep Amplang Ikan Tenggiri khas Samarinda yang Gurih dan Renyah

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Desy WulandariRujukan: fimela.com
Resep Amplang Ikan Tenggiri khas Samarinda yang Gurih dan Renyah
Ilustrasi (RRI)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Krupuk khas Samarinda yang bertekstur renyah dan rasanya gurih yaitu amplang. Camilan yang satu ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung dan bahan-bahan lainnya. Meskipun terbuat dari bahan dasar ikan, namun amplang tidak berbau amis.

Membuat amplang khas Samarinda ternyata sangat praktis, hanya saja yang perlu diperhatikan yaitu cara menggoreng agar amplang matang sempurna. Penasaran, bagaimana cara membuatnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

200 gr ikan tenggiri giling
400 gr tepung tapioka
2 btr telur
5 siung bawang putih
2 sdm gula pasir
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
2 ltr minyak goreng

Baca Juga:  Resep Kuah Tahu Sawi, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Cara Membuat:

Masukkan semua bahan ke dalam chopper (kecuali tepung dan minyak goreng). Kemudian giling hingga halus. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam baskom, lalu tambahkan tepung sedikit demi sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk.

Letakkan alas, kemudian taburi dengan tepung tapioka, lalu ambil sedikit adonan kemudian pilin adonan dan potong atau bentuk selera. Setelah itu, masukkan potongan ke dalam wadah minyak supaya tidak menempel. Lakukan hingga adonan habis.

Nyalakan api sedang, setelang mengembang kecilkan api dan goreng sambil terus diaduk. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Jika sudah dingin tata dalam stoples dan sajikan.

Diperlukan waktu menggoreng sekitar 30-40 menit supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan matang secara merata. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Resep Kue Cumcum Isi Vla Vanilla yang Manis, Lembut dan Lumer

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.