Resep Ayam Goreng Bumbu Spesial untuk Makan Siang

Avatar of PortalMadura.com
Resep Ayam Goreng Bumbu Spesial untuk Makan Siang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang hampir disukai semua kalangan. Rasa daging ayam yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan sedap ini tidak heran jika banyak penikmatnya.

Berbicara mengenai masakan ayam, Anda bisa mencoba ayam goreng bumbu spesial untuk dihidangkan sebagai menu makan siang anak pulang sekolah. Menu ini bakal bikin anak lahap menyantapnya.

Anda penasaran bagaimana cara membuatnya?. Berikut resep ayam goreng bumbu spesial, seperti dikutip dari Okezone.com yang mengutip dari laman delish:

Bahan-bahan:

500 gram dada ayam
400 gram paha ayam
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam halus
2 cm jahe, memarkan
3 lembar daun salam
1 liter air
Minyak goreng, secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

11 siung bawang putih
9 butir kemiri
2,5 sdm ketumbar
1 sdm garam secukupnya

Baca Juga : Resep Donat Pisang Super Empuk dan Wangi, Lezatnya Bikin Nagih

Bumbu spesial:

20 gram tepung sagu
1 sdt baking powder

Cara membuat:

Cuci daging ayam hingga bersih terlebih dahulu, lalu tiriskan. Kemudian, lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam halus. Diamkan selama 15 menit. Cuci kembali hingga bersih, tiriskan. Setelah itu, rebus ayam bersama jahe, daun salam, dan bumbu yang dihaluskan. Masak dengan api sedang hingga matang. Lalu angkat, tiriskan, dan sisihkan kuahnya.

Selanjutnya, beralih ke bumbu spesial. Ambil kuah rebusan ayam sebanyak 500 ml. Tambahkan tepung sagu, aduk hingga tercampur rata. Masak hingga mengental. Lalu, angkat dan dinginkan. Tambahkan baking powder, aduk rata. Sisihkan.

Kemudian, panaskan minyak dalam jumlah banyak, goreng ayam sampai berwarna kuning keemasan. Lalu angkat, jangan lupa tuangkan satu sendok demi satu sendok kuah bumbu gurih ke dalam minyak banyak dan panas. Goreng hingga berwarna kekuningan dan bersarang. Angkat. Sajikan ayam hangat dengan gorengan bumbu gurih, nasi lalapan, dan sambal. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.