Resep Donat Pisang Super Empuk dan Wangi, Lezatnya Bikin Nagih

Avatar of PortalMadura.com
Resep Donat Pisang Super Empuk dan Wangi, Lezatnya Bikin Nagih
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Donat merupakan salah satu kue yang banyak diminati oleh setiap orang. Umumnya, jajanan ini hanya disajikan di gerai-gerai makanan yang khusus menjual donat atau dijajakan lewat bakery.

Bahkan, sekarang ini semakin banyak usaha rumahan yang menawarkan donat dalam berbagai variasi bahan, rasa, dan bentuk.

Lantas, apakah Anda sudah mahir dalam membuat donat sendiri?. Jika iya, kini saatnya untuk mencoba variasi dengan memodifikasi menggunakan bahan pisang.

Namun, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan jenis pisang apa saja yang ada di rumah, asalkan pisang sudah matang dan tidak memiliki rasa sepat.

Resep

Berikut resep donat pisang sederhana yang bisa dipraktikkan di rumah, seperti dilansir PortalMadura.Com, Minggu (1/3/2020), dari laman Merdeka.com:

Bahan-bahan:

450 gram tepung terigu protein tinggi (misalnya Cakra Kembar)
200 gram pisang matang
50 gram margarin
75 gram gula pasir
75 ml air es
3 kuning telur ayam
25 gram susu bubuk
1 sachet ragi instan
1/4 sendok teh garam
Minyak goreng, secukupnya

Taburan:

Gula halus, secukupnya
Margarin atau butter, secukupnya
Meses, secukupnya
Keju cheddar parut, secukupnya
Cokelat masak dan esens perisa makanan, secukupnya

Cara membuat:

Berikut cara membuat donat pisang:

Pertama, kupas pisang yang sudah matang, lalu haluskan daging buahnya dengan garpu. Setelah itu sisihkan. Siapkan wadah berukuran besar, kemudian campur tepung terigu, gula pasir, ragi, dan susu bubuk hingga merata. Selanjutnya, buat lubang di tengahnya, tuangi kuning telur. Lalu, aduk lagi sampai benar-benar merata.

Lalu, masukan pisang yang sudah dilumatkan ke dalam adonan. Aduk hingga rata, lalu masukan air es sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan cukup kalis. Setelah itu, masukan garam dan margarin, uleni kembali hingga benar-benar kalis, elastis, dan tidak lengket di tangan.

Selanjutnya, padatkan adonan donat hingga menjadi bulatan besar, kemudian tutup dengan plastik. Diamkan adonan selama 40-60 menit. Setelah didiamkan, kempiskan adonan dengan kepalan tangan Anda. Lalu, tipiskan dengan cara digilas menggunakan rolling pin.

Gunakan cetakan donat untuk membuat cincin-cincin lebar, kemudian diamkan lagi selama 30 menit. Sambil lalu panaskan minyak dalam jumlah banyak. Goreng donat dengan api kecil agar bisa mengembang sempurna dan tidak cepat gosong. Cukup dibalik sekali untuk masing-masing sisi.

Jika sudah matang, angkat donat dari penggorengan. Tiriskan minyaknya. Lalu, taburi donat yang sudah dingin dengan gula halus. Bisa juga diolesi margarin atau butter. Selanjutnya, digulingkan di atas meses atau parutan keju.

Baca Juga: Resep Mi Kangkung yang Enak dan Mudah

Terakhir, Anda juga bisa melelehkan cokelat masak dan mencampurnya dengan beberapa tetes esens stroberi, vanilla, cappuccino, atau matcha powder sesuai selera Anda. Celupkan permukaan donat di atasnya, Lalu, tunggu sampai cokelat mengeras kembali. Donat pisang siap disajikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.