Resep Ayam Saus Lemon yang Gurih dan Segar untuk Menu Sahur

Avatar of PortalMadura.com
Resep Ayam Saus Lemon yang Gurih dan Segar untuk Menu Sahur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ayam saus lemon merupakan salah satu hidangan mewah yang sangat cocok disajikan sebagai untuk keluarga tercinta. Kendatipun termasuk dalam masakan ala restoran, namun cara membuatnya tidaklah sulit.

Masakan ala restoran ini memang memiliki cita rasa gurih dan segar karena berbahan dasar ayam dan lemon. Selain itu, cara membuat ayam saus lemon ini mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, sehingga sajian ini sangat cocok sekali dihidangkan sebagai menu sahur.

Lantas, bagaimana cara membuatnya?. Berikut ini , seperti dilansir Haibunda.com dari buku Favorit Keluarga Ala Dapur Bunda Nina:

Bahan-bahan:

300 gram ayam fillet (potong dadu kecil)
2 siung bawang putih (haluskan)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
150 gram tepung bumbu siap pakai
8 sdm air es
Minyak goreng, secukupnya
Wijen sangrai (untuk taburan), secukupnya

Bahan saus lemon:

3 sdm air lemon
3 sdm gula pasir
100 ml air
1 sdt maizena (larutkan dengan sedikit air)

Baca Juga: Resep Mudah Ayam Goreng Lemon, Enaknya Bikin Nagih

Cara membuat:

Marinasi ayam dengan garam, bawang putih, dan merica bubuk selama kurang lebih 20 menit. Lalu, ambil 5 sendok makan tepung bumbu siap pakai dengan air es, kemudian aduk rata.

Selanjutnya, celup ayam yang sudah dimarinasi ke dalam adonan tepung basah, lalu gulingkan ke sisa tepung bumbu sambil ditekan-tekan. Lakukan hingga potongan ayam habis. Kemudian, goreng ayam yang sudah ditepungi dengan minyak panas sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Adapun cara membuat sausnya, yaitu siapkan wajan, lalu campur air lemon, gula, dan garam di dalamnya, aduk rata. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Tuangkan larutan maizena, lalu aduk sampai merata, biarkan masak sampai saus lemon meletup-letup. Matikan api.

Setelah itu, tata ayam di piring, lalu siram dengan saus lemon, dan taburi dengan wijen. Sajikan selagi hangat. Ayam saus lemon siap disantap untuk menu sahur. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.