Resep Ayam Saus Padang Pedas, Dijamin Rasanya Mantap dan Lezat

Avatar of PortalMadura.com
ayam saus padang
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Masakan berbahan dasar ayam sering kali dijadikan menu utama dalam sebuah acara. Karena, cara membuatnya terbilang mudah dan bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Agar pengetahuan Anda tentang resep ayam bisa bertambah, kali ini ada menu baru yang bisa Anda coba yaitu ayam saus padang.

Menu khas padang ini akan disajikan dengan saus padang yang pedas dan manis. Campuran antara daging ayam yang gurih dan lembut, dijamin akan membuat selera makan Anda bertambah.

Siap mencoba?. Berikut resepnya:

Bahan yang Dibutuhkan:

Ayam sebanyak 1 ekor, potong beberapa bagian
Tepung tapioka/kanji sebanyak 150 gram
Jahe segar sebanyak 1 cm, parut
Bawang putih sebanyak 6 siung, parut
Garam halus sebanyak 1 sdt
Minyak goreng secukupnya

Saus Padang:

Saus tomat sebanyak 150 ml
Bawang merah sebanyak 4 butir, haluskan
Bawang putih sebanyak 2 siung, haluskan
Cabai giling sebanyak 1 sdm
Minyak sayur sebanyak 1 sdm
Tepung kanji sebanyak 1 sdt, larutkan dengan 1 sdm air matang
Air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sdt
Gula pasir sebanyak ½ sdt
Merica bubuk sebanyak ½ sdt
Air bersih sebanyak 200 ml

Cara Membuat Ayam Saus Padang:

Langkah pertama, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan ayamnya terlebih dahulu. Ambil ayam yang akan diolah kemudian potong menjadi beberapa bagian, cuci hingga bersih dan tiriskan hingga airnya berkurang, sisihkan dalam 1 wadah.

Baca Juga:  Resep Batagor Bandung, Rugi Kalau Tak Mencobanya

Tambahkan bahan-bahan lain seperti jahe parut, bawang putih serta bawang merah yang sudah dihaluskan ke dalam wadah ayam tadi. Aduk-aduk semua bahan sambil remas sesekali ayam hingga bumbu menempel pada ayam. Barkan hingga 30-45 menit agar ayam menyerap bumbu dan aroma amis berkurang.

Jika sudah, masukan tepung kanji ke dalam wadah ayam lalu aduk-aduk hingga ayam berbalut dengan tepung. Tekan-tekan juga agar banyak tepung yang menempel dan tidak mudah lepas, sisihkan sejenak.

Siapkan wajan kemudian tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalamnya. Hidupkan kompor dan gunakan api sedang biarkan minyak panas. Goreng ayam tadi hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Jangan lupa bolak-balik agar ayam matang merata, angkat dan tiriskan.

Setelah itu, sekarang Anda buat saus padangnya terlebih dahulu. Siapkan wajan dan tuangkan 3-4 sdm minyak goreng ke dalamnya. Panaskan di atas kompor dengan api sedang. Jika sudah panas masukan bahan-bahan seperti bawang merah serta bawang putih yang sudah kita haluskan sebelumnya. Tumis sambil diaduk hingga bumbu harum.

Baca Juga:  Resep Kuah Tahu Sawi, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Masukan bahan-bahan lainnya ke dalam tumisan bawang yaitu saus tomat, cabai yang sudah digiling, air perasan jeruk nipis, gula pasir dan merica bubuk. Aduk-aduk semua bahan dan masak sampai mendidih.

Tuangkan larutan air serta tepung kanji ke dalam tumisan tadi. Aduk-aduk cepat dan biarkan sampai saus mengental. Cicipi rasa dengan menambahkan garam, gula atau merica agar rasanya semakin enak. Masak sampai mendidih dan meletup-letup.

Kecilkan api dan masukan ayam goreng ke dalamnya. Aduk-aduk sekitar 1-2 menit, dan ayam goreng saus padang siap untuk dinikmati. Hmm. Rasanya pasti enak dan lezat. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.