Resep Ayam Suwir Sambal Matah, Dijamin Nagih

  • Bagikan
Resep-Ayam-Suwir-Sambal-Matah,-Dijamin-Nagih
Ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

PortalMadura.Com – Suka dengan olahan ayam?. Selain digoreng dan dijadikan menu yang berkuah, ayam juga paling enak jika disuwir. Apalagi ditambah dengan sambal matah, pasti rasanya akan sangat menarik dan menggugah selera.

Tenang saja, membuat masakan ini tidak sulit. Bahan-bahan yang digunakannya pun mudah sekali dicari di pasaran. Waktu saat memasaknya juga tidak lama, sebentar saja sudah selesai. Bagaimana, mau coba bikin?. Yuk ikuti resep berikut sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (13/12/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan

400 gr dada ayam

Bumbu Iris Tipis

15 siung bawang merah
3 batang serai bagian putihnya saja
5 lbr daun jeruk buang tulangnya
5 buah cabai keriting
15 buah cabai rawit
2 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdt kaldu ayam bubuk
2 buah jeruk nipis
Minyak secukupnya

Cara Membuat

Pertama, lumuri dada ayam dengan 1 buah perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Biarkan selama 10 menit. Kukus hingga matang. Jika ingin cepat matang, bisa dipotong jadi dua bagian.

Kemudian, angkat dan suwir-suwir ayam, sisihkan. Campurkan semua bumbu iris di dalam mangkuk. Panaskan minyak secukupnya. Tuang ke dalam sambal matah. Aduk rata hingga sambal matang karena minyak panas. Gunakan minyak agak banyak agar sambal matangnya merata.

Terakhir, masukkan ayam uwir ke dalamnya, aduk rata dengan sambal matah. Tes rasa, jika asin gurihnya sudah cukup, sajikan. Selesai, selamat mencoba.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.