oleh

Resep BBQ and Grill Ala Resto Jepang, Dijamin Bikin Ketagihan

PortalMadura.Com – Salah satu konsep makanan yang sekarang lagi populer yaitu all you can eat (AYCE) BBQ and grill (panggangan). Selain bisa memasak menu sendiri yang dipilih, setiap pengunjung bebas mengambil sepuasnya makanan yang disajikan.

Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun juga terjangkau dengan tenggang waktu yang lumayan cukup untuk memasak. Siapa coba yang tidak tertarik dengan konsep tersebut?. Tapi sayangnya, sejak adanya pandemi seseorang tidak disarankan keluar rumah untuk kepentingan yang tidak begitu mendesak.

Nah, buat Anda yang ingin menikmati masakan BBQ and grill ala masakan Jepang, membuat sendiri adalah solusi terbaik. Berikut resep dan cara membuatnya, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (11/2/2021) dari laman Idntimes.com:

Bahan Utama

500 gram daging sapi, iris tipis memanjang
500 gram daging ayam, iris tipis memanjang
300 gram jamur enoki

Bahan Bumbu Grill

4 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
2 sdm minyak wijen
Mentega secukupnya

Bahan Bumbu Marinasi

3 sdm saus barbekyu
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Lada bubuk secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat

Langkah pertama yaitu marinasi daging hingga meresap. Terlebih dahulu siapkan sebuah mangkuk, lalu masukan saus barbekyu, saus tiram, minyak wijen, lada, dan garam ke dalamnya. Aduk-aduk sampai seluruh bahan tersebut larut menjadi satu, sisihkan sebentar.

Kemudian, potong-potong daging sapi dan ayam menjadi bentuk tipis memanjang. Jika sudah, segera rendam dan marinasi daging ke dalam bumbu saus tadi. Diamkan kedua daging tersebut selama 30 menit agar bumbunya meresap.

Setelah selesai memarinasi daging, ambil beberapa daging dan lilitkan dengan jamur enoki. Sisihkan ke dalam wadah. Selanjutnya, mulailah mencincang kasar bawang putih dan bawang bombay. Masukkan ke dalam wadah.

Siapkan grill pan di atas kompor. Oleskan permukaannya dengan sedikit minyak wijen dan mentaga, biarkan hingga meleleh. Berikutnya, masukan bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang hingga layu.

Ketika bawang putih dan bawang bombay mulai harum, Anda bisa mulai grill dagingnya. Masukan daging sapi dan ayam secara bergantian, masak hingga kedua sisinya matang. Oleskan sesekali dengan sisa bumbu marinasi.

Terakhir, jika semua daging dan jamur yang dimasak sudah berwarna kecokelatan, segera angkat dan letakkan di dalam piring. Lakukan hingga semua daging dan jamur habis. Nah, Anda bisa menikmati BBQ and grill ini dengan nasi putih hangat.

Itulah resep dan cara mudah membuat BBQ and grill ala rumahan. Dijamin rasanya tidak kalah nikmat dengan di restoran Jepang. Anda pun jadi lebih hemat. Selamat berkreasi dan menikmati bersama keluarga tercinta.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar