Resep Bika Ambon yang Lembut dan Legit

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
Resep-Bika-Ambon-yang-Lembut-dan-Legit
Ilustrasi (cookandrecipe.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Jajanan tradisional bagi sebagian orang memang menggugah selera dan menarik minat penikmatnya. Salah satunya yaitu bika ambon. Kue yang berasal dari Medan, Sumatera Utara ini berwarna kuning. Teksturnya lembut dan berongga, cita rasanya pun legit.

Jadi, sangat cocok untuk acara-acara di rumah atau hidangan keluarga menemani waktu santai. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Medan. Karena Anda pun bisa bikin sendiri di rumah. Langsung saja, yuk simak resep yang dilansir PortalMadura.Com, Kamis (24/2/2022) dari laman Idntimes.com

Bahan-bahan

350 ml santan cair
6 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
1/2 sdt bubuk kunyit atau pewarna kuning tua
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
70 gram tepung terigu
150 gram tepung tapioka
1 sdt fermipan
3 butir telur
150 gram gula
1/4 sdt vanila bubuk
1 bungkus susu kental manis
60 gram margarin, cairkan

Baca Juga:  Resep Ikan Layang Sambal Bajak, Pedasnya Bikin Nambah Selera Makan

Cara Membuat

Tuang santan cair ke dalam panci, lalu panaskan. Tambahkan daun jeruk, batang serai, kunyit bubuk atau pewarna, garam, dan daun pandan. Aduk sesekali ketika sedang direbus.

Setelah itu, masak santan hingga mendidih menggunakan api kecil. Aduk terus secara perlahan agar santan tidak pecah. Jika sudah, matikan api, lalu saring santan ke dalam wadah.

Siapkan wadah yang berbeda. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka, lalu ayak dan masukkan ke dalam wadah. Tambahkan fermipan, lalu aduk rata.

Selanjutnya, masukkan tepung ke dalam wadah yang berisi santan. Aduk rata menggunakan whisk hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Siapkan wadah untuk mengocok telur, gula pasir, dan susu kental manis. Kocok semua bahan tersebut menggunakan mikser hingga kental dan berwarna putih. Set mikser berkecepatan sedang saja.

Baca Juga:  Resep Siomay Udang Puyuh Krispi, Nikmatnya Bikin Nagih

Masukkan kocokan telur dan margarin cair ke dalam adonan tepung yang sebelumnya sudah di diamkan. Aduk rata menggunakan whisk. Diamkan kembali selama kurang lebih 1 jam.

Olesi cetakan lumpur dengan minyak goreng ataupun margarin, lalu panaskan dengan api kecil. Setelah cetakan panas, tuang adonan hingga 3/4 bagian saja.

Tunggu hingga permukaan adonan muncul pori-pori, lalu tutup cetakan. Panggang selama kurang lebih 15 menit atau tunggu hingga matang. Matikan api dan sajikan. Bika ambon ekonomis siap dinikmati.

Gimana, sangat mudah bukan untuk membuat bika ambon ekonomis yang lembut dan berongga ini?. Selamat mencoba.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.