TBC Penyakit Menular, Sumenep Sudah Ada 1.824 Pasien

Penulis: HartonoEditor: Putri Kuzaifah
TBC Penyakit Menular Bahaya Sumenep Sudah Ada 1.824 Pasien
Kusmawati
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Pasien tuberkulosis (TB) atau orang awam menyebutnya TBC, di Sumenep, Jawa Timur, sudah ada 1.824 kasus yang terdeteksi oleh dinas kesehatan setempat.

“Penyakit TBC ini, harus kita waspadai. Yang berhasil ditemukan 1.824 pasien,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes dan KB Kabupaten Sumenep, Kusmawati, pada wartawan, Kamis (24/2/2022).

Saat ini, upaya mendeteksi para penderita TBC terus dilakukan. Pihaknya sudah memiliki kader TBC terlatih, maka tidak menutup kemungkinan akan ada pasien TBC baru. “Tugas mereka memang mencari warga yang diduga menderita TBC,” terangnya.

Untuk penanganan penyakit TBC, kata dia, tahun ini di bawah naungan langsung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan obatnya diberikan secara gratis dan mulai direalisasikan tahun 2022.

Bila merujuk pada keberhasilan pengobatan kasus TBC tahun 2020, baru mencapai 88%. Selebihnya [12%], ada yang gagal pengobatan 0,1%, meninggal dunia 5%, drop out sebanyak 4,6% dan pindah 0,7%.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.