Resep Bubur Suro, Spesial Tahun Baru Islam

Avatar of PortalMadura.com
Resep-Bubur-Suro,-Spesial-Tahun-Baru-Islam
Ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com – Memasuki Tahun Baru Islam, ada tradisi tertentu yang dijalani sebagian masyarakat, salah satunya membuat olahan makanan kemudian dibagi-bagikan kepada tetangga terdekatnya. Adapun masakan yang biasanya dibuat yaitu seperti bubur suro.

Walaupun tampak sepele dengan bahan yang sedikit, tapi sudah tahukah Anda bagaimana cara membuat bubur suro yang benar dan enak?. Jika belum tahu, mari ikuti resep lengkapnya berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (10/8/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan Bubur

150 gram beras, cuci bersih
1500 ml santan kelapa
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan

Pelengkap Bubur

Kare tahu atau ayam
Telur dadar, iris memanjang
Kacang-kacangan meliputi kacang kedelai goreng, kacang tanah goreng, kacang polong rebus, kacang mede goreng, kacang merah rebus
Bawang merah goreng, secukupnya
1 butir telur rebus, belah jadi empat atau dua
Daun seledri, cincang halus
Perkedel kentang, secukupnya
Sambal, secukupnya

Cara Membuat Bubur Suro

Pertama, siapkan semua bahan. Sisihkan dulu aneka makanan untuk pelengkap bubur suro. Kemudian, siapkan panci, rebus beras bersama santan kelapa sambil terus diaduk.

Setelah itu, tambahkan garam, daun salam dan batang serai ke dalam panci rebusan beras, aduk sampai rata. Masak bubur hingga matang atau sampai bubur mengental.

Selanjutnya, jika bubur sudah matang, tuang di mangkok saji secukupnya. Beri toping berupa aneka kacang-kacangan, perkedel, telur dadar, bawang merah goreng, telur rebus, seledri dan sambal.

Terakhir, siram dengam masakan kare tahu atau kare ayam. Selesai, sajikan bubur suro selagi masih hangat. Dijamin Anda akan ketagihan dengan rasanya. Selamat mencoba di rumah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.