oleh

Resep Cipak Koceak Khas Garut yang Gurih dan Pedas

PortalMadura.Com – Salah satu camilan tradisional dari Garut Jawa Barat yang saat ini viral yaitu cipak koceak. Bentuknya seperti cimol tapi gepeng dan berwarna putih dengan isian ayam didalamnya. Selain itu, rasa gurih dan pedas dari bumbunya yang membuat cipak koceak ini sangat disukai.

Tidak perlu pergi ke Garut untuk menikmati cipak koceak, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasaran? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Cookpad, berikut ini resepnya:

Bahan cipak :

– 250 gr tepung kanji
– 125 gr tepung terigu
– 1 bungkus bawang putih bubuk
– 1 batang daun bawang diiris
– Garam
– Kaldu bubuk
– Secukupnya air panas
– Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu :

– 30 gram cabai rawit kering
– 2 bungkus bawang putih bubuk
– Kaldu bubuk rasa ayam
– Secukupnya minyak panas
– 2 buah limau(bisa ditambah jika suka lebih asam)

Cara membuat:

Pertama buat bumbu: blender rawit kering sampai halus. Setelah itu, campur semua bahan kering jadi satu. Aduk rata. Lalu siram dengan minyak panas. Aduk rata kembali, kemudian beri perasan jeruk limau, aduk lagi, sisihkan

Selanjutnya membuat cipak: campur semua bahan lalu masukan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu, lanjut diuleni dengan tangan. Lalu bentuk adonan bulat dan gepengkan dengan cara menghimpit bulatan aci dengan kedua tangan. Lakukan sampai habis. Kemudian panaskan minyak, lalu goreng aci sampai agak kering atau matang.

Kalau mau lebih enak lagi cipaknya bisa diisi pakai ayam rebus yang diblender beri sedikit garam atau pakai sosis juga boleh.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar