oleh

Resep Cumi Cabai Lada Garam yang Praktis dan Maknyus

PortalMadura.Com – Cumi merupakan salah satu seafood yang menjadi favorit penikmat kuliner. Banyak menu yang bisa disajikan dengan bahan ini. Bisa digoreng, di tumis, dibakar dan lain sebagainya. Rasanya yang lezat menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kuliner nusantara.

Salah satu menu dengan bahan cumi yang praktis, enak dan disukai keluarga yaitu cumi cabai lada garam. Penasaran ingin tau rasanya selezat apa? Sebagaimana dilansir Portalmadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan:

400 gr cumi
1 buah jeruk nipis
½ sdt garam
Bahan Tepung Kering:
Tepung bumbu serba guna
1 sdm tepung maizena
Bahan Tepung Basah:
Tepung terigu
Sejumput garam
100 ml air

Bahan Tumisan:

6 siung bawang putih (iris tipis)
3 buah cabai merah (potong tipis)
4 siung bawang merah (iris tipis)
1 batang daun bawang (iris tipis)
Garam secukupnya
Merica secukupnya
2 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat:

Bersihkan cumi dari tintanya, kemudian potong dan cuci hingga bersih menggunakan air perasan jeruk nipis. Tiriskan. Setelah itu campur tepung kering dengan tepung maizena, kemudian sisihkan.

Campurkan seluruh bahan tepung basah yakni tepung terigu, garam dan air. Aduk hingga rata. Kemudian masukkan cumi pada tepung kering, kemudian masukkan pada tepung basah. Campurkan hingga rata. Lalu masukkan lagi ke tepung kering hingga semua permukaan terbalur dengan rata.

Goreng cumi hingga berwarna kuningga keemasan dan krispi. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian panaskan margarin, tumis bawang putih, bawang merah dan cabai hingga harum dan layu. Setelah itu, masukkan cumi krispi dan aduk rata. Lalu tambahkan lada dan garam, aduk lagi hingga rata. Tambahkan pula daun bawang. Jika sudah tercampur rata, matikan kompor. Cumi siap disajikan. Selamat mencoba dan semoga suka!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Fimela.com

Komentar