Resep Cumi Goreng Telur Asin yang Lezatnya Bikin Nagih, Maknyus

Avatar of PortalMadura.com
Resep Cumi Goreng Telur Asin yang Lezatnya Bikin Nagih, Maknyus
ilustrasi

PortalMadura.Com – Cumi merupakan salah satu jenis seafood yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Nah kali ini, apakah Anda ingin membuat olahan cumi yang berbeda dari biasanya?.

Coba Anda membuat cumi goreng telur asin. Kombinasi antara rasa asin dan manis, serta tekstur telur asin yang creamy membuat setiap orang suka menyantap cumi telur asin ini. Anda penasaran cara membuatnya?.

Resep Cumi Goreng Telur Asin

Berikut resep cumi goreng telur asin:

Bahan-bahan:

500 gram cumi
Minyak goreng
1/2 sendok makan air jeruk nipis
3/4 sendok teh garam

Bahan Pelapis:

50 gram tepung terigu
1/4 sendok teh garam
50 gram maizena
25 gram tepung sagu
1/4 sendok teh merica

Bahan Pencelup:

150 ml air es

Bahan Tumisan:

4 siung bawang putih, cincang halus
2 buah kuning telur, dihaluskan
2 buah cabai hijau besar, dicincang halus
3 buah kuning telur asin, dihaluskan
1 batang daun bawang, diiris halus
1/2 sendok teh kecap asin
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Proses Membersihkan Cumi:

Pertama, bersihkan cumi secara merata. Hal ini penting sekali untuk dilakukan, karena cumi perlu dalam keadaan bersih. Untuk itu, maka silahkan masukan cumi ke dalam baskom atau wadah. Selanjutnya, silahkan bawa ke tempat cucian dan bersihkan secara merata.

Lalu, remas-remas dengan menggunakan tangan untuk membersihkan bagian dalamnya secara merata. Bila sudah bersih dan selesai, silahkan ambil dan masukan kembali ke dalam baskom. Setelah itu, buang air yang masih menggenang lalu sisihkan dalam wadah dan tiriskan.

Kemudian, bumbui cumi dengan menggunakan air jeruk nipis. Lalu, taburi dengan menggunakan garam secara merata. Setelah itu, aduk-aduk sampai semua bahan ini tercampur. Cara ini perlu dilakukan agar bau amis pada cumi menjadi lebih berkurang secara merata. Maka dari itu, sisihkan sementara sampai meresap selama kurang lebih 15 menit.

Baca Juga Kumpulan Resep Cumi

Cara Membuat Cumi Goreng Telur Asin

Terlebih dahulu Anda harus membuat bahan pelapis. Caranya, silahkan aduk secara merata tepung terigu bersama dengan tepung sagu, merica dan juga garam secara merata. Lalu, tambahkan tepung mazeina ke dalamnya. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur secara merata.

Selanjutnya, lumuri cumi dengan bahan pelapis sampai semua daging cumi terbaluti dengan bumbu tersebut secara merata. Setelah itu, celupkan pada bahan celupan secara merata dan tercampur. Lalu, gulingkan kembali pada bahan pelapis sampai terbaluti merata.

Bila semua cumi sudah dibaluti dengan bahan pelapis secara merata. Sekarang siapkan sebuah wajan dan masukan minyak goreng ke dalamnya. Kemudian, tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata. Goreng cumi hingga krispi kecoklatan. Setelah itu, angkat dan sisihkan sementara agar minyaknya lebih tiris.

Untuk membuat bumbu telur asin, silahkan kembali panaskan secukupnya minyak dalam wajan. Tunggu sampai panas. Selanjutnya, masukan bawang putih bersama dengan cabai hijau. Masak sajian ini sampai matang secara merata hingga harum.

Lalu, tambahkan dengan menggunakan kecap asin dan juga merica bubuk ke dalamnya. Aduk-aduk sampai semua sajian ini menjadi rata secara keseluruhan. Tambahkan kuning telur asin ke dalamnya dan kuning telur biasa. Setelah itu, aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan tambahkan cumi yang sudah Anda goreng ke dalamnya.

Terakhir, masukan daun bawang dan masak semua sajian ini sampai cumi terbaluti dengan bumbu secara keseluruhan. Cumi goreng telur asin siap disajikan. (antero.co/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.